Fakta Menarik Ikan Pleco si Pembersih Akuarium

oleh -136 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Fakta menarik ikan Pleco si pembersih akuarium. Ikan ini menjadi salah satu jenis ikan yang cukup populer di Indonesia. Karena ikan ini dikenal sebagai ikan hias yang biasanya dipelihara dalam akuarium. Akan tetapi selain menjadi ikan hias di dalam akuarium, ikan ini memberikan manfaat bagi kebersihan akuarium dan kolam ikan. (ree)

Di Indonesia sendiri, ikan sapu sapu yang kini mulai mendapat nama sebagai koleksi ikan hias yang tidak kalah memukau. Ikan pemakan lumut atau pleco dikenal sebagai salah satu pembersih alami yang digunakan di dalam akuarium.

Baca Juga: Ikan Predator Malabar Wolffish si Serigala Air Dari Amerika

Ikan sapu-sapu hias dengan julukan nama pleco. Hewan ini merupakan ikan yang sering digunakan oleh hobbies ikan hias sebagai comtank ikan peliharaannya yang berfungsi sebagai ikan pembersih kaca dan pembersih lumut.

Mengenal Ikan Pleco

Meski namanya sangat Indonesia sekali, tapi pada kenyataannya ikan ini bukanlah berasal dari Indonesia. Ikan sapu-sapu berasal dari Amerika Serikat dan termasuk dalam jenis ikan air tawar yang biasanya hidup di sungai atau danau. Dan termasuk dalam keluarga Loricariidae.

Pertahanan hidup ikan sapu-sapu memang sangat kuat. Ikan ini juga jarang sakit. Ikan ini justru bisa cepat mati di karenakan faktor stres atau ketika hidup bersama dengan jenis ikan-ikan lainnya. Kemampuan bertahan hidup ikan ini rata-rata antara 10-15 tahun lamanya, apalagi jika hidupnya di alam bebas. Meskipun memiliki manfaat, ikan sapu-sapu juga kerap identikan dengan penampilannya yang tidak menarik. Padahal, ada banyak sekali spesies dan jenis dari ikan sapu-sapu dengan daya tariknya masing-masing.

Baca Lainnya: Fakta Unik Singa Gunung, Spesies Kucing Besar Yang Suka Menyendiri

Selain itu ada banyak pleco yang lebih berwarna dan menarik. Beberapa varietas pleco langka meliputi gold nugget pleco (berwarna hitam dengan bintik-bintik kuning cerah serta sirip dan ujung ekor kuning neon), tiger pleco (berwarna putih kekuningan dengan garis-garis hitam), dan zebra pleco (yang memiliki garis-garis horizontal hitam dan putih). Dan beberapa varietas pleco dapat tumbuh hingga 60 cm panjangnya.

One thought on “Fakta Menarik Ikan Pleco si Pembersih Akuarium

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.