,

Fakta Menarik Ikan Terbesar di Dunia, Arapaima Gigas

oleh -85 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Fakta menarik ikan terbesar di dunia, Arapaima Gigas. Sahabat Aquarist tahukah kamu bahwa ikan ini mendapatkan julukan sebagai ikan yang memiliki ukurannya yang sangat besar. Bahkan sebagian orang menganggap sebagai fosil hidup karena karakter morfologis serta anatominya yang mirip dengan binatang kuno. Nah pada artikel ini kita akan bahas mengenai fakta apa saja sih yang ada pada ikan ini, Yaps langsung saja simak penjelasannya. (ree)

Ikan Arapaima Gigas memang memiliki bentuk yang terbilang mirip dengan ikan arwana. Hal ini, karena ikan Arapaima gigas dan ikan arwana masih dalam kelompok yang sama.

Baca Juga: Mengenal Ikan Hias Bala Shark, Ikan Hiu Air Tawar

Arapaima Gigas merupakan jenis ikan air tawar terbesar di dunia, dan berhabitat asli perairan tropis di Amerika Selatan. Ikan ini termasuk dalam famili Osteoglossidae, mempunyai nama lain Pirarucu di Brasil atau Paiche di Peru. Ikan Arapaima dapat tumbuh maksimal sepanjang 3 meter dan mempunyai berat 200 kilogram pada habitat aslinya.

Fakta Menarik Ikan Arapaima Gigas

Ikan ini termasuk salah satu spesies ikan air tawar terbesar yang hidup di perairan tawar seperti sungai, danau, rawa dengan kedalaman yang relatif sedang. Ikan Arapaima dapat tumbuh maksimal sepanjang 3 meter dan mempunyai berat 200 kilogram pada habitat aslinya.

Baca Lainnya: Fakta Unik Glass Frog, Amfibi Bertubuh Transparan

Kemudian ikan ini memiliki nama lain pirarucu ini sudah hidup di sungai Amazon sejak periode jurasik. Termasuk makhluk prasejarah lho. Dengan bentuk tubuh yang ramping dan efisien, sirip pada punggung dan daerah anal, serta ekor membuat arapaima menjadi perenang yang kuat. Bahkan, mereka dapat melompat keluar dari air dan memakan hewan lain seperti burung, belalang, dan katak. Disebut sebagai predator yang memangsa ikan lain dengan rakus, tentu karena besar tubuhnya, yang mengakibatkan kepunahan ikan lokal dan kerusakan ekosistem.

Ikan Arapaima memiliki swim bladder atau kandung kemih yang dimodifikasi dan berfungsi sebagi paru-paru untuk bernafas. Setiap 10-20 menit sekali, mereka akan berenang di permukaan untuk bernafas. Berkat kemampuannya itu, mereka dapat hidup tanpa air selama 24 jam.

Arapaima memiliki sisik yang keras dan bergelombang, yang di bawahnya memiliki sejumlah lapisan kolagen. Ketangguhan yang dimilikinya memungkinkan mereka terlindungi dari gigi tajam Piranha.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.