Fakta Menarik Tentang Hiu Berjumbai

oleh -145 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Fakta menarik tentang hiu berjumbai. Tahukah kamu bahwa ada seekor hiu bertubuh mirip seperti ular dengan memiliki ratusan gigi yang tajam berenang di wilayah laut dalam yang gelap nan sepi. Penasaran..?? Yuk mari kita simak penjelasannya! (ree)

Hiu ini agak berbeda dari hiu kebanyakan. Penampilannya yang tampak kuno membuat mereka disebut sebagai fosil hidup.

Meski penampilan hiu berjumbai ini sedikit menyeramkan, namun ia di kenal memiliki bagain pipi yang tembam dan berjumbai. Ini karena ia memiliki enam buah insang.

Baca juga: Fakta Unik Ikan Kelelawar Bibir Merah

Hiu berjumbai Chlamydoselachus anguineus atau Frilled Shark dalam bahasa inggris merupakan salah satu dari dua spesies ikan hiu yang masih ada di keluarga Chlamydoselachidae dengan distribusi yang luas tapi tidak merata di samudra atlantik dan samudra pasifik. Mereka di temukan di kedalaman 1.570 meter, sedangkan di Teluk Suruga, Jepang hiu ini paling umum ditemukan pada kedalaman 50-200 meter.

Fakta Menarik Hiu Berjumbai

Pada hewan ini memiliki total 300 gigi, mereka memiliki 25 baris gigi yang mengarah ke dalam. Akan tetapi 300 gigi ternyata masih belum cukup. Ternyata hiu ini memiliki semacam duri di pinggiran mulutnya yang disebut sebagai dermal denticles

Hiu ini mencapai panjang 2 meter dan memiliki warna coklat gelap, tubuh seperti belut dengan sirip punggung, panggul, dubur berada jauh di belakang dan memiliki. Hiu berjumbai biasanya memakan hiu kecil, ikan bertulang, dan cumi. Spesies ini tidak berenang secepat kebanyakan spesies hiu, dan biasanya memanfaatkan mangsa yang lemah.

Baca Lainnya: Fakta Unik Kumbang Kuda Pelatih Setan

Hiu berjumbai mampu membuka rahang mereka lebar-lebar layaknya ular. Dengan rahang ini, mereka sanggup menelan langsung mangsa berukuran separuh panjang tubuhnya.

Hiu berjumbai memiliki gigi putih cemerlang. Bukan tanpa alasan, mereka menggunakannya untuk memancing mangsa mendekat. Mangsa di perairan dalam yang gelap tentu akan tertarik dengan warnanya yang cerah.

Tubuh hiu yang panjang memiliki hati raksasa, diisi dengan hidrokarbon dan minyak berdensitas rendah. Kerangka tulang rawannya hanya terkalsifikasi lemah, membuatnya ringan. Hal ini memungkinkan hiu untuk menggantung tak bergerak di air yang dalam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.