Fakta Unik Belut Pita Penghuni Laut Dalam

oleh -176 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Fakta unik belut pita penghuni laut dalam. Sahabat Aquarist apa yang kamu pikirkan ketika seseorang membahas tentang hewan bernama belut? Nah hewan ini memiliki bentuk dan warna yang menarik. Bahkan karena bentuk uniknya ini, menjadi salah satu hewan paling menakjubkan dan para penyelam dapat menikmati keindahannya. Bagi kamu yang penasaran, yuk langsung saja simak pembahasannya! (ree)

Hewan ini bernama belut pita atau Rhinomuraena quaesita. Dia memiliki bentuk dan warna yang menarik. Belut pita, dalam bahasa Inggris memiliki sebutan ribbon eel. Kalau di dalam laut, belut pita ini senang berada di antara karang. Terkadang, belut pita juga suka mengubur dirinya di dalam pasir, untuk mengelabuhi mangsanya, yakni ikan-ikan kecil. Hewan ini termasuk pemburu nokturnal.

Belut pita ditemukan di laguna dan terumbu karang di laut Indo-Pasifik, mulai dari Afrika Timur sampai ke selatan Jepang, Australia dan Polinesia Perancis.

Baca juga: Mengenal Cumi-Cumi Vampir Penghuni Laut Dalam

Fakta Unik Belut Pita

Belut ini mampu hidup hingga usia 20 tahun di alam liar. Sayangnya terkadang belut pita ditangkap untuk menjadi hewan akuarium. Belut pita memiliki lubang hidung yang panjang hampir mirip seperti kuda laut. Lubang hidung ini digunakan untuk merasakan getaran air yang membantu mereka untuk berburu atau mempertahankan diri.

Biasanya belut ini memiliki perpaduan warna biru, kuning, atau hitam. Warna ini akan terlihat mencolok jika kamu menemukan mereka di sekitar pasir atau terumbu karang. Selain itu, belut ini memiliki bentuk pipih dan panjang, biasanya ukuran belut ini bisa mencapai 1 meter.

Baca Lainnya: Fakta Unik Kambing Kashmir, Kambing Asli India

Hewan yang satu ini benar-benar berbentuk seperti pita ketika sedang berenang. Ini karena pengaruh dari bentuknya yang pipih dan panjang dengan warna-warna cerah di kulitnya.

One thought on “Fakta Unik Belut Pita Penghuni Laut Dalam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.