,

Fakta Unik Ikan Kelelawar Bibir Merah

oleh -179 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Fakta unik ikan kelelawar bibir merah. Sahabat Aquarist di laut terdapat banyak sekali hewan unik bahkan terlihat asing bagi kita. Nah salah satunya adalah ikan yang aneh ini, Yaps ikan laut ini bentuknya seperti kelelawar dengan bibir berwarna merah menyala..Hmm penasaran? Yuk mari simak penjelasannya! (ree)

Keanekaragaman laut memang unik untuk dijelajahi. Berbagai makhluk menarik menghuni lautan, salah satunya adalah ikan yang dijuluki red-lipped batfish satu ini. Dalam bahasa Indonesia, nama red-lipped batfish berarti “ikan kelelawar berbibir merah”. Ikan yang memiliki bentuk mirip seperti kelelawar ini adalah salah satu makhluk air endemik Kepulauan Galapagos Ekuador.

Baca juga: Mengenal Ikan Hias Endemik Indonesia, Banggai Cardinal

Fakta Unik Ikan Kelelawar Bibir Merah

Charles Darwin yang pernah meneliti satwa penghuni Kepulauan Galapagos juga pernah menyebut ikan ini dalam bukunya. Ikan unik ini memiliki nama ilmiah Ogcocephalus darwini. Ikan ini bisa di temukan di Samudra Pafisik sekitar Kepulauan Galapagos pada kedalaman 3 sampai 76 meter atau di pinggir karang hingga kedalaman 120 meter. Mereka biasanya berada di dasar air dan di temukan di daerah yang berpasir atau sekitar karang.

Bentuk mereka yang tidak seperti ikan pada umumnya membuat mereka tampak unik. Belakang tubuh mereka berwarna cokelat muda dan agak abu-abu, sedangkan di wilayah perut berwarna putih. Mereka memiliki ukuran tubuh rata-rata 40 cm, dengan tubuh yang lebih lebar daripada panjang.

Red-lipped batfish mempunyai sirip punggung yang juga berfungsi sebagai tulang belakang di atas kepala mereka yang disebut dengan illicium. Fungsi utama dari illicium ini adalah menarik mangsa. Di atas illicium terdapat esca yang akan mengeluarkan cahaya sehingga mangsa akan tertarik untuk mendekat. 

Baca Lainnya: Fakta Unik Belut Pita Penghuni Laut Dalam

Ikan ini tergolong karnivora sehingga mereka dapat memangsa udang, ikan yang lebih kecil, moluska, dan kepiting.

Mereka gampang beradaptasi dengan lingkungan dan tidak gampang terkena efek dari perubahan laut. Walaupun begitu, ikan ini tidak bisa dipelihara di akuarium karena mereka membutuh lingkungan yang gelap.

Bentuk fisik yang menarik pada ikan ini bisa terlihat sangat jelas. Bahkan mungkin saja kamu akan merasakan kebingungan atau bahkan kagum dengan beberapa bagian tubuh yang memiliki fungsi berbeda dibandingkan dengan jenis ikan lainnya.

One thought on “Fakta Unik Ikan Kelelawar Bibir Merah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.