,

Fakta Unik Ular Terciopelo, Ular Paling Berbahaya Dari Amerika

oleh -102 views
Fakta-Unik-Ular-Terciopelo-Ular-Paling-Berbahaya-Dari-Amerika
Memiliki nama latin Bothrops asper. Ular Terciopelo merupakan spesies ular berbisa yang hidup di ketinggian rendah hingga sedang di timur laut Meksiko dan Amerika Tengah, dan ke Amerika Selatan

ZETIZEN RADAR CIREBON – Kamuflase membantu ular-ular ini bersembunyi dari mangsa potensial serta pemangsa potensial, tetapi juga menyembunyikan mereka dari orang-orang yang bertelanjang kaki untuk berjalan-jalan. Tidak seperti beberapa ular pada umumnya, pikiran ular beludak ini sedang diinjak, dan sementara ia mungkin mulai menjauh dari kaki yang menyerang, ia mungkin dengan mudah berubah pikiran dan menggigit. Namun, seperti semua ular, ular Terciopelo ini  merupakan binatang yang menarik. Ingin tahu lebih lanjut? Yuk, simak terus untuk mempelajari lebih lanjut tentang ular satu ini yang bersumber dari laman A-Z Animals. (Tezz)

Klasifikasi umum ular terciopelo

Memiliki nama latin Bothrops asper. Ular Terciopelo merupakan spesies ular berbisa yang hidup di ketinggian rendah hingga sedang di timur laut Meksiko dan Amerika Tengah, dan ke Amerika Selatan di mana ia di kenal dari ketinggian hingga 2600 meter di Andes Kolombia dan Ekuador, sebagai serta Venezuela dan Trinidad di pantai Karibia.

Penampilan ular satu ini

Ular yang satu ini bisa tumbuh dengan berat mencapai 6 kilogram dan panjang maksimal 2,5 meter (8,2 kaki), terciopelo merupakan salah satu jenis viper terbesar. Memiliki warna coklat muda sampai coklat tua, mereka seringkali muncul dengan garis kuning berbentuk zig-zag di setiap sisi tubuh.

Baca juga: Fakta Unik Hiu Gergaji, Si Pemilik Moncong Gergaji Yang Hampir Punah

Arti nama latin dari ular berbisa satu ini

Arti Bothrops sendiri memiliki arti sendiri yaitu “mata lubang” dan berasal dari kata Yunani bothrops, atau “lubang” dan ops atau mata. Ini mengacu pada organ lubang pencari panas antara mata dan lubang hidung di kepala ular.

Kemudian, Lanceolatus adalah bahasa Latin untuk “berbentuk tombak.” Ini menggambarkan bentuk kepala ular ini. Arti kata atrox adalah: “kejam, parah, mengerikan” dalam bahasa Latin dan arti asper adalah “kasar” atau “keras”. Kata ini juga bahasa Latin. Asper dan atrox mungkin menggambarkan efek racun jika seseorang tergigit oleh salah satu ular ini.

Lanjutan artikel ini ada di halaman berikutnya …

Baca artikel lainnya juga:

Paling ditakuti oleh orang sekitar

Ular Terciopelo ini di juluki “the ultimate pit-viper” karena ukurannya yang besar, taring dan hasil racunnya, ia memiliki reputasi yang menakutkan, bertanggung jawab atas sebagian besar gigitan ular dalam jangkauannya karena temperamen defensif dan kedekatannya dengan tempat tinggal manusia.

Namun, sama dengan ular berbisa lainnya, ia menghindari konfrontasi dengan manusia bila memungkinkan. Tidak ada subspesies yang saat ini di kenali.

Habitat ular terciopelo

Ular ini hidup di berbagai habitat, termasuk daerah hutan tropis yang berhujan dan hutan hijau, sabana, hutan berkabut, lereng gunung yang lebih rendah dan bahkan gurun. Mereka terlihat di daerah peternakan  yang juga merupakan rumah mangsa hewan pengerat mereka.

Baca juga: Fakta Unik Hiu Gergaji, Si Pemilik Moncong Gergaji Yang Hampir Punah

Status ular terciopelo

Menurut Daftar Merah IUCN, status konservasi B. lanceolatus terancam punah. B. atrox adalah umum dan terdaftar sebagai yang paling tidak diperhatikan, dan begitu juga populasi B. asper sebagaimana dievaluasi oleh Daftar Merah IUCN.

Baca artikel lainnya juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.