,

Ikan Hias Air Tawar Endemik Papua Ikan Rainbow

oleh -146 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Ikan hias air tawar endemik Papua ikan Rainbow. Bagi kamu sebagai pemula yang ingin memelihara ikan hias tapi masih bingung kira-kira ikan apa yang cocok dan mudah untuk dipelihara? Nah pada artikel ini kita akan membahas ikan hias air tawar yang mudah dan juga cocok untuk pemula. Yuk langsung saja kita simak penjelasan mengenai ikan yang satu ini. (ree)

Ikan Rainbow merupakan jenis ikan hias air tawar yang mudah untuk dipelihara. Sedikitnya ada 53 spesies ikan rainbow yang tersebar di Papua, Irian, Australia, dan juga seluruh kawasan Asia.

Baca Juga: Fakta Unik Owa Jawa, Spesies Primata Yang Sangat Setia Kepada Pasangannya

Rainbow Fish termasuk ke dalam famili melanotaenidae yang berasal dari Irian Jaya, Papua New Guinea, dan juga Australia.

Mengenal Ikan Rainbow

Ikan ini merupakan jenis ikan hias yang banyak diminati oleh pecinta ikan hias karena warnanya cantik dan eksotis. Ikan hias ini banyak ditemukan di wilayah perairan Papua khususnya pada daerah sungai gelap dan mudah di pelihara serta di budidayakan. Jenis ikan ini juga sebagai komoditi ekspor.

Ikan rainbow masih menjadi ikan yang populer di kalangan aquascaping. Ini karena warna-warna cerah alami yang memantulkan cahaya di akuarium. Sisik pelangi dipantulkan dan ditambahkan cahaya dan gerakan ke aquascape yang statis.

Makanan yang biasa di berikan dalam pemeliharaan ikan ini yaitu kutu air, cacing rambut, jentik nyamuk serta pelet. Jenis ikan Rainbow umumnya memiliki kesamaan bentuk yaitu pipih. Akan tetapi bentuk tubuh ikan ini masih dapat dibedakan lagi, perbedaan tersebut akibat penyesuaian dirinya terhadap lingkungan hidupnya.

Baca Lainnya: Mengenal Ikan Hias Red Devil si Predator Rakus

Selain itu, ikan ini juga aktif di siang hari untuk mencari makan serta untuk beraktifitas lainnya

Ukuran maksimal ikan rainbow sekitar 9cm ukuran jantan dewasa, dan 7cm ukuran betina dewasa (di ukur dari ujung mulut sampai sirip ekor). Jenis ikan hias air tawar Rainbowfish Balon adalah jenis yang paling lucu tubuhnya yang seperti balon, ketika berenang kelihatan kesusahan kaya ikan mas koki.

Ikan ini sudah dapat memijah setelah berumur lebih dari 7 bulan dengan ukuran 5-7cm. Lalu memiliki bentuk tubuh panjang serta pipih ke samping. Kemudian Memiliki dua buah sirip punggung. Sirip pertama berada di paling depan badan dengan ukuran yang lebih kecil daripada sirip pada punggung.