,

Ikan Predator Berbahaya Berkepala Mirip Buaya Aligator Gar

oleh -135 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Ikan predator berbahaya berkepala mirip buaya Aligator Gar. Sahabat Aquarist tahukah kamu bahwa ikan aligator tidak ada hubungannya dengan aligator? Tetapi, karena kepala yang mirip buaya dan gigi setajam silet, sehingga mudah untuk mengetahui darimana asal namanya. Adapun spesies ini dan beberapa jenis lainnya dilarang diperdagangkan, atau dilepasliarkan di Indonesia. Mau tau kenapa? Yuk mari kita simak penjelasannya. (ree)

Sebagian orang memelihara ikan hias di rumah, memang bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan. Akan tetapi tidak sedikit yang memilih ikan hias dengan bentuk yang unik serta banyak warna, nah ikan aligatorlah salah satunya yang mempunyai bentuk yang unik.

Baca Juga: Fakta Unik Gharial, Buaya Eksotis Yang Terancam Punah

Ikan aligator alligator gar merupakan ikan berbahaya karena memiliki sifat invasif. Ikan ganas ini dapat tumbuh dengan cepat dan mengancam satwa endemik lainnya. Pasalnya alligator gar dapat tumbuh secara cepat. Maka dari itu, ikan ini sangat berbahaya jika dilepas sembarangan ke alam liar.

Hewan dengan nama ilmiah Atractosteus spatula ini memiliki kemampuan adaptasi dengan berbagai salinitas dari danau air tawar, payau, rawa-rawa, muara, dan teluk. Ikan aligator memiliki kantung renang yang terhubung ke usus oleh saluran unik, sehingga memungkinkan untuk menelan udara dari permukaan dan hidup di air dengan kadar oksigen yang rendah.

Baca Lainnya: Ikan Hias Predator Dari Lembah Amazon Bucktooth Tetra

Di sisi lain, mereka juga dapat mengonsumsi krutasea, serangga, dan katak. Ikan aligator dewasa biasanya mengintai mangsanya atau berbaring menunggu mangsa lewat. Ukurannya bisa mencapai Panjang 3 meter dan berat hingga 127 kilogram.

Walaupun berpotensi mengancam ekosistem, ikan yang di perkirakan muncul pertama kali pada 157 juta tahun yang lalu ini nyatanya tidak menyerang atau memangsa manusia jika tidak ada ancaman. Namun, telurnya yang berfungsi sebagai mekanisme pertahanan berbahaya jika dikonsumsi.

Sementara itu, pemangsa alami ikan aligator adalah buaya. Beberapa spesies lainnya juga memangsa ikan-ikan aligator muda.

One thought on “Ikan Predator Berbahaya Berkepala Mirip Buaya Aligator Gar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.