Kehidupan di Seversk Kota yang Dijuluki “Secrete City” Di Wilayah Siberia Rusia

oleh -102 views
kota-seversk
Source: Instagram/0mar4ik

ZETIZEN RADAR CIREBON- Tahukah kamu kalau di Rusia terdapat kota yang dijuluki “secrete city” atau kota rahasia?. Kota ini bernama Seversk. Seversk adalah sebuah kota tertutup yang terletak di Tomsk Oblast, Rusia yang berlokasi 15 kilometer (9.3 mil) dari barat laut Tomsk di sebelah kanan pinggiran sungai Tom. Jumlah populasi di Kota Seversk ini tidak banyak, sensus tahun 2010 menunjukkan kalau penduduk kota ini hanya 108.590 jiwa. Sedangkan sensus pada tahun 2012 menunjukkan jumlah populasi yang lebih banyak yaitu 109.106 jiwa. (IND)

Kota ini muncul pada tahun 1949 dan resmi menjadi sebuah kota pada tahun 1956 dengan beberapa kali mengalami perubahan nama. Pada tahun 1949 sampai tahun 1954 Kota Seversk bernaman Pyaty Pochtovy dan akhirnya berubah nama menjadi Tomsk-7 sampai tahun 1992. Di tahun berikutnya hingga sekarang berganti nama menjadi Seversk.

Kota ini termasuk kota yang dingin dengan rata-rata suhu 0.6o C. Pada musim dingin bisa mencapai -13oC hingga -21oC sedangkan pada musim panas suhunya relatif hangat.

Kehidupan Di Kota Seversk

Central entery checkpoint in seversk/ wikipedia.org

Menurut sejarah, Seversk telah menjadi kota rahasia di Uni Soviet sampai akhirnya Presiden Boris Yeltsin mengunggkapkannya ke publik pada tahun 1992. Pada saat itu, kota ini belum masuk di peta secara resmi.

Selama bertahun-tahun, penduduk tidak boleh memasuki atau meninggalkan kota. Setelah meninggalkan Seversk harus menyerahkan kartu masuk khusus mereka di pos pemeriksaan dan tidak boleh mendiskusikan di mana mereka bekerja atau tinggal. Namun, pada tahun 1987, ada penghilangan beberapa pembatasan karena banyaknya penduduk yang bekerja atau belajar di Tomsk.

Kota ini masih tetap tertutup untuk non-penduduk. Ada enam pos pemeriksaan di mana pengunjung harus menunjukkan dokumen masuk. Izin untuk mengunjungi kota hanya dapat diberikan oleh otoritas yang sesuai dengan permintaan institusi yang dikunjungi, atau permintaan pihak swasta seperti kerabat dekat.

Setiap warganya memiliki dokumen khusus sebagai tanda pengenal agar dapat memasuki kota dan harus menunjukkannya pada saat memasuki checkpoint.

Di kota ini terdapat situs Siberian Chemical Combine yang berdiri sejak tahun 1954. Di sana terdapat beberapa reaktor nuklir dan pabrik kimia untuk pemisahan, pengayaan, dan pemrosesan ulang uranium dan plutonium.

Kota ini juga terkenal sebagai tempat pembuatan senjata nuklir Rusia ada beberapa hulu ledak nuklir tersimpan di sini.

Oleh karena itu, tidak banyak berita tentang kota ini juga tidak banyak orang yang mengunjunginya.

Baca Juga: TV Series yang Terinspirasi Mitologi Yunani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *