Metaverse Dapat Mencegah Korupsi! Berikut Penjelasan Kemendagri

oleh -36 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Metaverse teknologi vr yang tengah viral saat ini kembali menjadi perbincangan hangat saat ini.  Hal itu terjadi setelah datangnya pernyataan kemendagri soal pencegahan korupsi melalui metaverse. (Robi)

Associate Professor SEB Telkom University Andry Alamsyah menyebut masuk akal menjadikan Metaverse sebagai salah satu cara mencegah korupsi di Indonesia, namun ada syaratnya. Sebelumnya, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) membuat layanan konsultasi berbasis VR guna menekan potensi korupsi di lingkungan pemerintah daerah. Melalui layanan ini, pemerintah daerah bisa berkonsultasi dengan pemerintah pusat melalui jagat maya.

Syarat Metaverse agar Bisa Diaplikasikan seperti keinginan Kemendagri

Menanggapi hal itu, Andry mengatakan teknologi Metaverse bisa saja digunakan untuk pencegahan korupsi. Namun dia bilang hal itu perlu didukung sistem back end yang kuat dan transparan.

“Metaverse jadi masuk akal, jika di mesin pendukungnya memungkinkan orang melakukan interaksi yang diperkuat oleh teknologi sebagai governance-nya,” kata Andry kepada CNNIndonesia.com, Kamis (28/4).

“Misal, undang-undang hidup di dalam Metaverse, kemudian penegakan hukum, semuanya di embed di smart contract,” ucap dia lagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *