Keutamaan Bersedekah di Bulan Ramadhan

oleh -43 views
Photo by Timur Weber: https://www.pexels.com/photo/person-holding-green-and-white-cup-9532027/

ZETIZEN RADAR CIREBON – bersedekah merupakan salah satu ibadah yang besar pahalanya. Besarnnya manfaat bersedekah maka ada anjuran dari agama islam untuk menjadi lebih dermawan di bulan ramadhan ini. (Robi)

Ada 2 alasan mengapa di bulan ramadhan kita harus lebih banyak bersedekah di banding bulan atau hari lainnya.

Karena Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam telah memberikan contoh agar kita paling dermawan di bulan ini.

Rasulallah shalallahu alayhi wa sallam adalah orang yang paling dermawan, namun ketika memasuki bulan ramdhan Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam menjadi lebih dermawan lagi.

● Ibnu Abbas Radhiallahu ‘anhuma mengatakan:

“Dahulu Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam adalah orang yang paling dermawan, dan beliau paling dermawan ketika Bulan Ramadhan. Sungguh Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam ketika itu lebih dermawan dengan hartanya melebihi angin yang berhembus kencang”.

[HR. Bukhari: 6, dan Muslim: 2308]

Dilipatgandakannya pahala bersedekah

Alasan kedua mengapa sedekah lebih utama di bulan ramadhan adalah karena di bulan ramadhan setiap amalan kebaikan kita di lipat gandakan oleh Allah subhannahu wa ta’ala.

 Karena puasa juga mengajarkan kita untuk peduli kepada saudara kita sesama muslim, sebagaimana sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam:

“Barangsiapa memberi makanan berbuka kepada orang yang puasa, maka baginya pahala orang yang puasa tersebut, tanpa mengurangi pahala dia sedikit pun”.

[HR. Attirmidzi: 807, disahihkah Al-Albani]

Baca Juga : Tradisi Menyambut Ramadan Di Berbagai Negara (1)

Dan suntiklah semangat sedekah Anda di bulan ini dengan mengingat bahwa nanti di hari kiamat, setiap orang akan berada di bawah naungan sedekahnya.

[HR. Ahmad: 17333, sahih]

Siapa yang banyak bersedekah, maka naungan yang dia miliki pun semakin besar.

Ingatlah, bahwa pada hari itu, banyak manusia yang tenggelam dengan keringatnya sendiri, sesuai banyaknya dosa yang ia perbuat.

Saat itu matahari akan berada sangat dekat dengan manusia, sehingga keberadaan naungan sedekah ini sangat penting sekali bagi kita.

Kita juga hendaknya ingat, bahwa akan ada tujuh golongan yang mendapatkan naungan istimewa dari Allah adalah:

“Orang yang melakukan sedekah, lalu dia menyembunyikannya, sampai-sampai tangan kirinya tidak tahu apa yang disedekahkan oleh tangan kanannya”.

[HR. Bukhari: 1423, dan Muslim: 1031]

semoga dengan tulisan di atas dapat membuat kita untuk bisa menjadi lebi dermawan lagi di bulan suci ramadhan ya sobat zetizen. Segitu dulu artikel kali ini, nantikan artikel menarik lainnya hanya di zetizen.

One thought on “Keutamaan Bersedekah di Bulan Ramadhan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *