Klitih! Mengenal Aksi Remaja Ini dari Sisi Psikologi

oleh -176 views
klitih
aksi meresahkan yang marak terjadi akhir-akhir ini ole kalangan remaja.

Mengapa klitih bisa terjadi?

Penyebab klitih yaitu sekumpulan remaja yang memiliki kesamaan hobi dan kegiatan. Para remaja ini memiliki rasa nyaman dan kecocokan yang timbul dari kelompok. Selayaknya remaja pada umumnya, mereka pun dapat dipengaruhi oleh remaja sebaya lain.

Di lansir dari situs jogja.jpnn. Psikolog Jatu Anggraeni mengatakan perilaku remaja tersebut dapat terjadi karena adanya frustasi dan konflik pada diri individu yang bersangkutan.

Menurutnya, frustasi dan konflik merupakan pengalaman-pengalaman individual yang merupakan bagian dari kehidupan sehari-hari. Keduanya berhubungan erat dengan pemenuhan-pemenuhan kebutuhan manusia.

“Frustasi dan konflik yang berlangsung lama dan sangat kuat dapat menimbulkan perilaku maladaptif bahkan dapat mengakibatkan gangguan kepribadian,” ujarnya.

Ia menjelaskan bahwa frustasi pada dasarnya adalah suatu perasaan yang muncul karena terjadinya hambatan dalam usaha untuk memenuhi kebutuhan.

Terutama, kebutuhan dasar manusia yaitu mempertahankan kesejahteraan fisik dan untuk memuaskan tegangan-tegangan yang di sebabkan rasa lapar, haus, letih, seks, stress, sakit fisik dan kurang tidur.

Mengutip buku Patologi Sosial, perilaku negatif menjadi sumber patologis sosial yang di dalangi remaja dan memotivasi untuk mendapat perhatian. Itu dari lingkungan teman sebaya maupun status sosial.

Baca juga: Alasan Kenapa Remaja Cenderung Mengambil Risiko

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.