Klitih! Mengenal Aksi Remaja Ini dari Sisi Psikologi

oleh -175 views
klitih
aksi meresahkan yang marak terjadi akhir-akhir ini ole kalangan remaja.

ZETIZEN RADAR CIREBON – Di Kota Jogja sekarang ini marak akan adanya aksi klitih, aksi ini di kenali orang-orang sebagai kenakalan remaja yang meresahkan. Sebabnya aksi ini sampai melukai hingga menghilangkan nyawa seseorang.

Aksi kenakalan remaja ini sendiri sekarang banyak di lakukan di banyak daerah, tidak hanya di Jogja saja. Tapi apa sih yang mendasari mereka melakukan hal tersebut dan bagaimana bila di lihat dari pandangan psikologi.

Apa yang dimaksud klitih?

Dalam bahasa Jawa, klitih memiliki arti berkegiatan di luar rumah untuk mengisi waktu luang. Ya, Klitih sebelumnya dimaknai sebagai kegiatan untuk jalan-jalan ataupun keliling kota tanpa tujuan yang jelas untuk mengisi waktu luang.

Balik lagi, klitih sendiri sebenarnya merupakan kegiatan mengisi waktu luang secara positif, tetapi ketika di adopsi oleh remaja saat ini malah mengubah makna menjadi perilaku kriminal. 

Jogja Police Watch (JPW) mencatat ada 12 kali aksi kejahatan jalanan atau dikenal dengan istilah klitih sepanjang 2022 di DIY dengan korban terluka dan meninggal.

Baca juga: Conduct Disorder! Gangguan yang Rawan pada Anak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.