Menyembur dengan Brutal! Yuk Kenalan sama Kumbang pengebom

oleh -109 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Kumbang pengebom atau yang lebih di kenal dengan bombardier beetles merupakan serangga yang memiliki kemampuan menyemburkan zat kimia untuk melindungi dan berburu mangsannya.

Kemampuan Kumbang Pengebom

kumbang pengebom (Bombardier Beetles) memiliki kemampuan yang terkenal untuk mensintesis dan melepaskan semburan cepat cairan bau dan panas dari ujung belakangnya.

Emisi berbahaya ini dapat membunuh serangga lain, atau mengejutkan pemangsa potensial untuk mundur. “B*m” kimia ini adalah sumber dari nama mereka kumbang pengeb*m.

Tempat Hidup Bombardier Beetles

Tapi tidak hanya ada satu jenis. Faktanya, ada lebih dari 500 spesies kumbang pengebom di seluruh planet ini, banyak dari genus Brachinus, dan lebih dari 40 spesies di Amerika Serikat saja.

Mereka hidup di banyak ekosistem yang berbeda, dari hutan ke padang rumput hingga gurun. Sebagian besar berukuran sekitar kuku, dan banyak yang memiliki perut berwarna gelap dengan kaki, kepala, dan antena kemerahan.

Cara Kumbang Pengebom Bertahan Hidup

Emisi Bombardier Beetles berkisar dari sekresi lambat hingga ledakan cepat, cukup panas untuk membakar dan menodai kulit manusia. Pertahanan kaustik mereka mengiritasi mata dan sistem pernapasan pemangsa, sering kali menyebabkan ketidakmampuan yang menyakitkan tetapi sementara.

Kadang-kadang, emisi ledakan mereka bahkan dapat menyelamatkan hidup mereka begitu mereka tertelan. Katak, misalnya, diketahui memuntahkan kumbang itu setelah menyadari bahwa serangga itu tidak benar-benar enak.

Daya ledak kumbang terutama berasal dari campuran dua senyawa kimia—hidrokuinon dan hidrogen peroksida—yang disimpan dalam wadah terpisah di perut.

Bahan kimia kemudian melewati katup sebelum bertemu di ruang khusus, bersama dengan enzim yang mengkatalisis reaksi. Ini menciptakan gas yang mengembang dengan cepat dan mengeluarkan panas.

Baca Juga : Fakta Menarik Ikan Palmas Predator Perairan Afrika

Kumbang dapat membuka dan menutup katup ke ruang reaksi ini dengan cepat, cukup cepat untuk menghasilkan hingga 500 ledakan dalam satu detik.

Serangga ini juga dapat mengarahkan semprotan kimia ke mangsanya, menggunakan ujung belakangnya seperti pistol air berbahaya.

Nah gimana sobat zetizen unik banget bukan serangga satu ini. Nantikan artikel menarik dan seru lainnya soal hewan-hewan unik lainnya hanya di zetizen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.