4 Cara Terbaik Mengatur Emosi Negatif

oleh -52 views
Photo by Nathan Cowley: https://www.pexels.com/photo/man-in-blue-and-brown-plaid-dress-shirt-touching-his-hair-897817/

ZETIZEN RADAR CIREBON – Emosi negatif merupakan keadaan di mana seseorang ingin mengeluarkan atau sedang memendam perasaan mereka dalam konotasi yang buruk.(Robi)

Emosi negatif ternyata bisa menimbulkan berbagai macam masalah loh untuk hubungan sosial kita maupun pekerjaan kita. Coba kalian bayangkan jika kalian harus bekerja sama dengan orang yang selalu marah setiap saat mereka memiliki kesempatan. Tentunya sikap seperti akan menimbulkan ketidaknyamanan dalam pekerjaan kita.

Menurut Stephen Hawking Ketika kita sulit untuk mengatur amarah kita, maka tidak ada orang yang mau dekat dengan kita. “Orang tidak akan punya waktu untuk Anda jika Anda selalu marah atau mengeluh”. – Stephen Hawking. Nah terus gimana sih caranya mengatur emosi kita supaya kita bisa menjadi pribadi yang menyenangkan bagi kebanyakan orang? Simak artikel ini sampe habis yah

Diam Sejenak

“Ketika kamu marah, hitunglah sampai sepuluh sebelum kamu bicara. Jika kamu sangat marah, hitunglah sampai seratus”. – Thomas Jefferson.

Diam adalah cara terbaik untuk mengontrol emosi kita. Ketika kita sedang emosi kita cenderung tidak bisa berpikir dengan jernih, semua yang kita lihat akan nampak salah dan hanya kitalah yang benar. Kecenderungan ini membuat kita meluapkan emosi kita secara negatif, kita mengeluarkan nada tinggi agar orang mau tunduk kepada kita. Walaupun tujuan kita benar namun dengan cara penyampaian yang salah seperti membentak malah akan menimbulkan ketidakharmonisan dalam bersosialisasi.

Pahami Emosi Kita

Langkah kedua adalah coba pahami bahwasannya emosi yang timbul pada diri kita sebenarnya tidak selamanya salah. Seperti ketika kita marah terhadap rekan kerja kita karena bekerja kurang efisien sehingga membuat pekerjaan  banyak orang terhambat.

Baca Juga : 7 Cara Menjadi Pembicara Hebat

Berpikir Lebih Mendalam

Ketika kita sudah merasa tenang dengan amarah kita, maka cobalah berpikir apakah dengan membentak, mencaci, atau memaki akan membuat masalah yang sedang kita alami selesai? Biasanya dengan berpikir berulang kita akan sadar bahwasannya marah-marah tidak akan menyelesaikan masalah sehingga kita mulai bisa mengontrol emosi tersebut.

Mencari Solusi Terbaik

Nah langkah terakhir adalah mencoba mencari solusi terbaik dari masalah tersebut. Ketika kita sudah diam, paham akan emosi kita, dan berpikir kembali terhadap dampak dari perbuatan kita maka pikiran kita cenderung sudah muai jernih sehingga dapat berpikir dengan jernih.

Oleh karena itu cara terakhir agar emosi negatif itu dapat segera benar-benar hilang adalah dengan mencari solusi yang dapat kita lakukan saat ini. Dengan fokus terhadap apa yang kita lakukan, kita akan teralihkan dari pikiran-pikiran negatif kita sehingga perlahan emosi tersebut pun mulai hilang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.