Mengenal Hewan Nudribanch, Si Cantik yang Kanibal

oleh -159 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Mengenal hewan Nudribanch, si cantik yang kanibal. Sebagian teman-teman sudah mengetahui beberapa jenis hewan tercantik di dunia. Akan tetapi ada juga hewan tercantik di dunia yang berasal dari golongan mollusca atau hewan lunak. (ree)

Salah satu pesona yang terdapat di dasar laut adalah Nudibranch atau siput telanjang. Golongan mollusca yang tak bercangkang ini tampak seperti makhluk dari dunia lain.

Baca juga: Mengenal Paus Beluga, Si Putih Dari Kutub Utara

Nudibranch adalah hewan moluska yang tergolong dalam kelas Gastropoda. Nama nudibranch sendiri berasal dari kata latin nudus (telanjang) dan kata yunani brankhia (insang), yang bermakna “insang telanjang” jika digabungkan. Dalam bahasa Indonesia, arti dari nudibranch sendiri sebagai “siput laut” atau “kelinci laut”.

Karakteristik Nudibranch

Mempunyai ukuran tubuh yang paling pendek adalah 40 mm dan paling panjang 600 mm. Mereka bergerak dengan sangat lambat. Selain itu, hewan ini memiliki mata mungil yang hanya bisa digunakan untuk membedakan gelap dan terang. Oleh karena itu, hewan ini lebih banyak memanfaatkan bagian tubuh berbentuk tentakel yang mirip dengan telinga kelinci bernama Rhinopore yang berguna untuk mencium, mengecap, dan merasakan lingkungannya.

Untuk sistem pernapasan, sebagian besar spesies hewan ini memiliki insang telanjang berbentuk jambul di bagian punggung ke belakang yang berfungsi sebagai struktur pernapasan sekunder.

Hewan ini bisa memakan spons, karang, anemon, hidroid, teritip, dan telur ikan. Jika terdesak, hewan ini pun tidak segan untuk melakukan tindakan kanibalisme demi bertahan hidup. Biasanya, nudibranch dewasa akan memangsa nudibranch yang lebih muda dan berukuran kecil.

Baca Lainnya: Mengenal Keunikan Ikan Hias Triggerfish

Adapun penyebaran pada hewan ini tersebar hampir di seluruh perairan dunia, mulai dari daerah perairan dingin di Kutub Utara hingga perairan beriklim sedang dan tropis di daerah selatan Samudera Antartika. Meski dapat hidup di habitat yang beragam, hewan ini memiliki syarat mutlak untuk habitat yang dapat ditempati, yaitu daerah perairan yang bersih dan tidak tercemar.

2 thoughts on “Mengenal Hewan Nudribanch, Si Cantik yang Kanibal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.