Mengenal Hiu Tikus Spesies yang Menggunakan Ekornya Untuk Berburu

oleh -130 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Mengenal hiu tikus spesies yang menggunakan ekornya untuk berburu. Sahabat Aquarist, tahukah kamu bahwa di perairan Indonesia terdapat banyak sekali jenis-jenis dari ikan hiu yang memiliki beranekaragam karakteristiknya masing-masing. Nah salah sat jenisnya yaitu Hiu Tikus. Hmm..penasaran? Yuk langsung saja simak penjelasannya! (ree)

Selama ini hiu selalu identik dengan penggambaran hewan yang paling ganas di lautan yang biasa berburu dengan memanfaatkan rahang dan rangkaian giginya yang tajam untuk mencabik mangsa, bahkan berbahaya bagi manusia.

Baca juga: Fakta Unik Kumbang Kotoran, Serangga Terkuat Di Muka Bumi

Ikan ini bernama Hiu Tikus atau biasa dikenal dengan bahasa Inggrisnya yaitu Thresher Shark, sebutan tersebut digunakan untuk hiu dari famili Alopiidae. Jenis hiu ini menggunakan ekor panjangnya untuk mencabuk mangsa hingga pingsan bahkan mati.

Hiu ini memiliki 3 jenis yang berbeda, ada hiu tikus mata besar Big-Eye Thresher Shark atau yang memiliki nama ilmiah Alopias superciliosus dengan ciri khas berupa benjolan di bagian kepala. Terakhir Common Thresher Shark yang memiliki nama ilmiah Alopias vulpinus yang merupakan jenis hiu tikus terbesar di mana bisa mencapai ukuran hingga 5,7 meter.

Fakta Unik Hiu Tikus

Ekor panjangnya merupakan fitur unik yang membedakan hiu tikus dengan jenis hiu lain. Panjangnya bisa mencapai setengah tubuhnya, digunakan sebagai strategi bertahan hidup serta fitur evolusi yang berlangsung lama.

Baca Lainnya: Fakta Unik Burung Albatross, Si Pemiliki Sayap Terlebar Di Dunia

Hewan ini hidup di permukaan perairan hingga kedalaman 152 meter. Di perairan Indonesia sendiri, hiu tikus sering di jumpai di perairan Aceh, Bali sampai Alor, NTT. Masyarakat menjuluki predator ini dengan nama ekor pecut.

Hiu tikus bagi beberapa orang juga kerap dijuluki sebagai hiu monyet. Mangsa yang kerap menjadi korban perburuan dan cambukan dari hiu tikus biasanya adalah ikan-ikan kecil dan cumi-cumi. Kecepatan cambukan ekor hiu tikus dapat mencapai 60 miles/hour atau sekitar 96,5 kilometer per jam.

Hiu tikus juga dapat bermigrasi sangat jauh, sekitar 72 hingga 135 kilometer lepas pantai, dan beraktivitas di kedalaman 200 hingga 1.000 meter.

Soal perkembang biakan, hiu tikus umumnya bereproduksi sebanyak dua kali dalam waktu satu tahun tanpa waktu atau musim tertentu, yang masing-masing dapat menghasilkan kelahiran dua hingga empat anak.

2 thoughts on “Mengenal Hiu Tikus Spesies yang Menggunakan Ekornya Untuk Berburu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.