Mengenal Ikan Blenny Penghuni Perairan Tropis

oleh -118 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Mengenal ikan Blenny penghuni perairan tropis. Sahabat Aquarist tahukah kamu bahwa terdapat banyak jenis ikan hias air laut, Yaps salah satunya jenis ikan Blenny. Ada lebih dari 900 spesies blenny dengan berbagai macam spesies umum untuk hobi akuarium. (ree)

Ikan yang imut nan menggemaskan ini adalah salah satu jenis blenny fish, yang memiliki karakter khasnya, yaitu berwarna putih dengan tambahan salur gelap dari mata ke sirip ekor. Blenny sebagian besar berukuran kecil, biasanya ikan laut ditemukan dari laut tropis hingga dingin. Mereka ramping, mulai dari bentuk agak memanjang, seperti pada beberapa spesies tropis, hingga sangat panjang dan mirip belut.

Baca juga: Fakta Unik Celurut Gajah, Mamalia Kecil Yang Pemalu Asal Benua Afrika

Blennies Ikan hias air laut cantik

Ikan yang bernama latin Aspidontus dussumieri, sering juga disebut sebagai slender sabretooth blenny. Dan tumbuh maksimal sepanjang 12 cm. Hidup di perairan tropis dan juga tersebar di seluruh Indo-Pasifik, termasuk Indonesia. Habitat blennies berkisar dari kolam berbatu hingga pantai berpasir, terumbu karang, dan hamparan rumput laut. Banyak yang hidup di perairan dangkal, tetapi beberapa berada di kedalaman sekitar 450 meter (1.500 kaki). 

Beberapa spesies sebagian besar herbivora, dan lainnya sebagian hingga seluruhnya karnivora. Blennies umumnya adalah ikan yang hidup di dasar laut. Makanan kesukaan dari blenny ini adalah algae dan ikan ini sangat senang bermukim di lubang-lubang karang, atau rumah cacing pipa yang kosong serta pipa-pipa sisa bangkai kapal yang berada di dasar laut.

Baca Lainnya: Fakta Unik Inca Tern, Si Burung Berkumis Menggemaskan

Akan tetapi ikan ini terkadang bisa bersikap agresif dan suka menyerang ikan yang sama atau sejenis yang berada di dekat rumah tinggalnya. Dan juga ikan ini menghabiskan waktunya hanya di dalam lubang yang menjadi rumahnya saja.

Kalau kamu ingin memelihara blennies, kamu perlu menyediakan banyak celah persembunyian, serta sedimen lunak yang memungkinkannya untuk menggali. Ia hobi menggali lho!

One thought on “Mengenal Ikan Blenny Penghuni Perairan Tropis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.