Mengenal Ikan Hias Air Laut Angelfish

oleh -235 views
Jenis atau Varietas dari Angelfish Air Laut

ZETIZEN RADAR CIREBON – Mengenal ikan hias air laut Angelfish. Sahabat Aquarist, tahukah kamu bahwa terdapat ikan hias air laut yang terkenal dengan kecantikannya, anggun serta tentunya memiliki hara jual yang sangat tinggi dan tentu memiliki beragam jenisnya..Hmm penasaran ikan apa? Yuk, mari simak penjelasannya. (ree)

Ikan manfish tidak hanya ada di air tawar saja, akan tetapi di air asin pun ada ikan yang bernama manfish. Manfish atau nama lainnya angelfish masuk kedalam grup family Pomacanthidae. Dan rata-rata bisa ditemui di terumbu tropis dangkal wilayah Atlantik, Pasifik Barat, serta Samudra Hindia.

Baca juga: Mengenal Ikan Blenny Penghuni Perairan Tropis

Terdapat sekitar 100 spesies angelfish yang hidup di perairan, mereka terbagi menjadi dua golongan, yaitu angelfish yang mendiami sungai di Amerika Selatan (air tawar) dan juga angelfish yang berhabitat di lautan.

Angelfish air laut adalah varietas ikan air asin yang sangat berkarakter. Badannya yang punya rona terang merupakan ciri khas dari ikan yang hidup di karang. Dan biasanya banyak jenis dari angelfish air laut ini akan bertransformasi warnanya atau mutasi saat mereka tumbuh jadi dewasa.

9 Ikan Hias Air Laut Populer & Mudah Dirawat oleh Pemula
Ada banyak dan beragam motif serta bentuk ikan anglefish yang bisa kamu pilih.

Spesies terbesar dari ikan ini mencapai ukuran tubuh sebesar 60cm. Angelfish ini memiliki beragam warna dan merupakan ikan yang kuat untuk di pelihara di dalam Aquarium. Kebanyakan dari ikan angel ini membatasi diri satu sama lain dengan berenang di daerah terumbu karang yang dangkal dan jarang menjelajah laut dalam.  Ikan ini termasuk kedalam ikan diurnal dan memiliki sifat soliter serta teritorial.

Keunikan Angelfish Air Laut

Selain itu, kendati memiliki nama yang sama, angelfish air tawar dan angelfish air laut berasar dari ordo yang berbeda. Jika angelfish air tawar termasuk kedalam spesies cichlid tropis, sementara angelfish air laut lebih dekat kerabatnya dengan ikan kupu-kupu.

Angelfish, ikan hias air laut dengan corak unik - Rumah123.com

Angelfish ini adalah ikan hias air laut yang memiliki warna wajah lebih cerah dibandingkan tubuhnya. Terdapat corak biru, kuning dan hitam pada wajahnya. Uniknya, ikan ini pada awal masa hidupnya secara seksual berstatus ikan betina, kemudian berubah menjadi jantan setelah mencapai ukuran tertentu. Ikan Angelfish merupakan ikan yang sangat kuat dan dapat hidup dalam waktu yang lama bila dirawat dengan baik.

Angelfish sangat menyukai udang laut, cacing putih, cacing darah, ulat hongkong mealworm, serangga-serangga kecil, serta krustasea (hewan berkulit keras).

Baca Lainnya: Fakta Unik Inca Tern, Si Burung Berkumis Menggemaskan

Waktu berumur masih muda, angelfish air asin bisa sangat diandalkan sebagai ikan pembersih di terumbu karang, karena untuk membersihkan parasit dari kulit ikan yang berbadan lebih besar. Mereka dengan pintar bisa memilih tempat yang tepat serta menunggu jenis ikan wrass besar, parrotfish, dan bahkan sekelas ikan predator layaknya kerapu dan hiu.

Ada banyak jenis ikan angelfish yang bisa menjadi peliharaan di akuarium kamu, termasuk di air asin ataupun di air laut. Akan tetapi harus diakui juga bahwa ikan-ikan peliharaan dalam akuarium air laut pun bisa jauh lebih menarik dan berwarna bila dibanding dengan ikan hias air tawar. Walaupun untuk perawatan memang lebih sulit dan ongkos pun lebih mahal pula.

One thought on “Mengenal Ikan Hias Air Laut Angelfish

  1. I was extremely pleased to discover this page. I want to to thank you for ones time due to this wonderful read!! I definitely appreciated every part of it and I have you bookmarked to look at new information on your web site.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.