,

Mengenal Ikan Hias Bala Shark, Ikan Hiu Air Tawar

oleh -180 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Mengenal ikan hias Bala Shar, ikan hiu air tawar. Sahabat Aquarist tahukah kamu bahwa ikan hias ini merupakan ikan yang keberadaannya terdapat di wilayah Indonesia. Sesuai dengan judul di atas, ikan ini memiliki tampilan yang serupa dengan ikan hiu walaupun sebenarnya tidak memiliki ikatan gen sama sekali. (ree)

Bala Shark ikan hias air tawar asli perairan Asia Tenggara ini dapat di temui di Kalimantan, Semenanjung Malaya dan Sumatra. Sebagai anggota dari spesies ikan keluarga Cyprinidae, mereka Balantiocheilus melanopterus lebih menyukai sungai arus deras.

Baca Juga: Fakta Unik Glass Frog, Amfibi Bertubuh Transparan

Ikan ini mendapat julukan sebagai ikan “hiu” walaupun begitu ikan hias ini bukanlah ikan hiu. Walaupun begitu ikan ini sirip punggung berbentuk segitiga yang besar dan tubuh berbentuk torpedo yang membuatnya terlihat seperti ikan hiu.

Mengenal Ikan Bala Shark

Ikan Bala Shark atau yang dalam nama latin di namakan dengan Balantiocheilos melanopterus adalah satu spesies ikan hias. Selain terkenal dengan sebutan Balasak, ikan ini juga dikenal dengan Hiu Perak, Hiu Triwarna, Hiu Bala, dan Hiu Air Tawar. Namun sangat di sayangkan ikan Bala Shark sekarang menjadi sangat langka di beberapa daerah.

Ikan Bala Shark menjadi langka salah satunya akibat dari penangkapan dan banyaknya penjualan mereka tanpa adanya upaya penangkaran dan pemijahan. Sesuai dengan namanya juga, ikan ini memiliki tampilan yang serupa dengan ikan hiu walaupun sebenarnya tidak memiliki ikatan gen sama sekali. Sirip lancipnya yang berada di bagian atas dan bawah badan membuatnya terlihat seperti ikan hiu dengan ukuran yang jauh lebih kecil.

Baca Lainnya: Ikan Hias Air Tawar Endemik Papua Ikan Rainbow

Ikan ini umumnya memiliki sisik berwarna perak dengan garisan hitam di sepanjang sirip-siripnya dan ekor berwarna kuning gelap. Warna inilah yang mendasari sebutan Triwarna: perak, hitam, dan kuning. Mereka bisa tumbuh hingga panjang maksimum 35 cm dan mampu bertahan hidup hingga 10 tahun dengan perawatan yang baik.

Makanan ikan Bala Shark di habitat asal bisa berupa serangga, larva, alga bahkan sebagian tumbuhan air. Ikan Bala Shark termasuk omnivora yang ketika di rawat di akuarium juga tidak ada kesulitan berarti dalam pemberian pakan.

Meskipun namanya Bala Shark namun ikan ini tidak memiliki temperamen yang ganas atau agresif. Justru kebalikannya mereka merupakan ikan yang damai dan bersahabat dengan ikan-ikan lainnya dengan karakter yang sama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.