Mengenal Ikan Hias Endemik Indonesia, Banggai Cardinal

oleh -121 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Mengenal ikan hias endemik Indonesia, Banggai Cardinal. Sahabat Aquarist Indonesia mempunyai beberapa spesies makhluk laut yang merupakan endemik atau asli dari Indonesia, paling tidak di temukan pertama kali di wilayah perairan Indonesia. (ree)

Ikan capungan banggai bukanlah nama asing bagi penggemar ikan hias, dan sosoknya yang elok mudah dikenali di akuarium air asin.

Baca juga: Fakta Unik Belut Pita Penghuni Laut Dalam

Ikan ini sangat populer dalam perdagangan akuarium. Walaupun telah berhasil dibudidayakan oleh beberapa lembaga terkait, seperti balai budidaya air laut Ambon, tetapi jumlahnya belum banyak.

Ikan Banggai Cardinal atau juga dikenal dengan Banggai Cardinalfish yang memiliki nama ilmiah Pterapogon kauderni merupakan ikan laut endemik di Kepulauan Banggai, Provinsi Sulawesi Tengah, dan tidak ditemukan di tempat lain di dunia. Pada awalnya spesies ini ditemukan secara terbatas di Kepulauan Banggai, Sulawesi Tengah, sehingga dinamakan Banggai Cardinalfish.

Banggai Cardinalfish merupakan satu-satunya keluarga ikan Cardinal yang bersifat diurnal (aktif di pagi dan sore hari). Selain itu, mereka juga termasuk ikan laut yang bersifat komunal (membentuk kelompok). Biasanya, satu kelompok terdiri dari 9 ekor ikan. Di luar habitat-habitat tersebut, ikan capungan Banggai biasanya juga bisa ditemukan pada bulu babi, anemon laut, dan karang bercabang. Untuk makanan utama, ikan tersebut biasanya memakan planktonik, demersal, dan organisme bentik.

Baca Lainnya: Fakta Unik Kambing Kashmir, Kambing Asli India

Hewan ini cukup unik, karena yang memiliki tugas untuk memelihara telurnya adalah sang jantan, bukan betina. Selain itu, mereka juga memilihara anaknya di dalam mulut mouthbrooder. Ikan ini bisa kita temukan di kedalaman 1,5 – 2,5 meter. Biasanya, mereka hidup di terumbu karang, padang lamun, atau daerah pasir terbuka dengan keadaan air yang tenang.

One thought on “Mengenal Ikan Hias Endemik Indonesia, Banggai Cardinal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.