,

Mengenal Ikan Hias Yellow Watchman Gobies

oleh -183 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Mengenal ikan hias Yellow Watchman Gobies. Mengasyikan rasanya bila bisa memelihara ikan hias air laut di rumah. Sudah bentuknya yang lucu, dan juga ikan-ikan air laut dikenal lebih agresif dibandingkan dengan beberapa jenis ikan air tawar. (ree)

Ikan lucu ini mempunyai beberapa alias atau nama, diantaranya yellow coral gobby, yellow clown gobby, atau biasa juga disebut sebagai okinawa goby.

Baca juga: Mengenal Ikan Hias Primadona Air Laut, Blue Devil

Yellow Watchman Gobies atau yang biasa disebut ikan goby kuning atau jabing Cryptocentrus cinctus adalah salah satu ikan hias air laut yang cukup mudah untuk dipelihara. Ikan goby kuning dapat ditemui di daerah pantai karang dangkal dengan kedalaman mulai dari 1-25 meter. Ikan ini memiliki bentuk wajah yang unik seperti sedang cemberut.

Pada dasarnya, ikan ini bukanlah ikan yang mempunyai sifat agresif. Tetapi ikan goby kuning bersifat teritorial.

Hewan ini suka bersembunyi di sekitaran pasir sambil menunggu mangsanya. Ikan goby memiliki ukuran tubuh yang relatif kecil, biasanya goby dewasa hanya dapat tumbuh hingga ukuran 10 cm saja. Ikan ini cukup banyak ditemukan di sebelah barat laut Pasifik dan perairan Jepang. Kemudian juga bisa ditemukan di perairan nusantara.

Baca lainnya: Fakta Unik Aardwolf, Hyena Yang Memiliki 5 Jari Kaki Depan

Yellow Watchman Gobies adalah ikan karnivora. Pakan yang diberikan berupa zooplankton seperti rotifer, artemia, copepoda, atau pakan tambahan seperti ikan atau udang kecil. Akan tetapi ikan ini juga suka menyaring pasir di dalam mulutnya dengan tujuan untuk mencari sisa makanan yang tedapat di dalam pasir. Jadi sebenarnya ikan goby kuning ini tidak terlalu “rewel” dalam hal makanan.

Namun dibalik keindahan dan tingkah laku ikan goby yang unik, ada beberapa orang yang tidak suka memelihara ikan ini. Ikan goby memiliki kebiasaan mengali-gali pasir untuk menenggelamkan tubuhnya atau hanya sekedar bermain-main.

Apakah kamu tertarik untuk memelihara ikan ini di akuarium kamu ??

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.