Mengenal Ikan Hiu Martil Predator Berkepala Unik

oleh -100 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Mengenal ikan Hiu Martil predator berkepala unik. Kamu tentu pernah mendengar nama hiu yang satu ini, kan? Hiu martil terkenal karena bentuk kepalanya yang unik. Tentunya tidak ada jenis ikan lain yang punya kepala seunik hiu martil. Mau tahu apa saja keunikan dari ikan yang satu ini? Yuk mari simak penjelasannya! (ree)

Baca juga: Mengenal Ikan Kuwe Batu Target Para Pemancing

Ikan hiu identik sebagai satwa laut buas yang memiliki rangkaian gigi tajam. Pandangan tentang ikan hiu tersebut tentu tidak sepenuhnya salah, namun nyatanya ikan hiu memiliki spesies yang juga beraneka ragam.

Ikan yang satu ini memiliki tampilan yang unik, kepalanya seperti martil atau palu. Selama hidupnya ia berkeliling di perairan laut tropis. Ikan ini dikenal sebagai Hiu Kepala Martil atau Hiu Martil.

Hiu Martil merupakan kelompok ikan hiu yang termasuk di dalam Famili Sphyrnidae. Kelompok ini mudah dikenali dari bentuk kepalanya yang pipih dan melebar ke samping seperti martil, dengan lebar kurang dari sepertiga panjang tubuhnya. Posisi matanya berada di ujung samping kanan dan kiri kepalanya.

Hiu martil Spyrna lewini atau Scalloped Hammerhead merupakan ikan hiu yang hidupnya berkeliling di perairan laut tropis dan hangat, dari permukaan dan intertidal sampai kedalaman 275 m. Mereka juga tergolong cukup besar karena bisa tumbuh hingga sepanjang enam meter. Hiu ini juga memiliki penglihatan yang sangat baik dibandingkan hiu lainnya.

Hiu Martil mempunyai beberapa nama lokal antara lain hiu martil, hiu bongkoh, hiu capil, hiu caping, dan ye rimbah. Berukuran kecil hingga besar (hingga 6 meter bahkan lebih). Hiu martil makan berbagai macam makanan, mulai dari ikan, sefalopoda, hingga krustasea, tapi tiap spesies punya makanan favoritnya sendiri-sendiri. Akan tetapi mereka cukup pemalu dan tidak di anggap berbahaya bagi manusia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.