,

Mengenal Ikan Predator Bergigi Vampir, Ikan Payara

oleh -50 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Mengenal ikan predator bergigi vampir, ikan Payara. Sahabat Aquarist tahukah kamu bahwa terdapat salah satu jenis ikan yang cukup populer di dunia ikan predator. Ikan ini juga di kenal dengan sebutan Vampire Fish atau Ikan Vampir. Ikan ini pun begitu populer di kalangan pecinta ikan predator air tawar, penasaran dengan jenis ikan yang satu ini? Yuk langsung saja simak penjelasannya. (ree)

Keberadaan ikan Payara semakin di gemari oleh banyak orang. Ia banyak di senangi karena kemampuannya sebagai predator yang sangat di unggulkan. Di samping itu, bentuk gigi dan mulutnya yang menyerupai vampir juga dianggap sebagai keunikan tersendiri.

Baca juga: Mengenal Ikan Paling Berbahaya Melebihi Piranha, Ikan Candiru

Jika ikan Candiru di juluki ikan vampir karena menghisap darah, lain halnya dengan ikan Payara. Payara memiliki gigi yang seperti taring vampir tapi tidak menghisap darah.

Mengenal Ikan Vampir

Ikan Payara atau yang memiliki nama ilmiah Hydrolicus Armatus merupakan salah satu jenis ikan predator terkenal di muka bumi ini. Ia hidup di air tawar serta memiliki ukuran tubuh tidak terlalu besar dan kecil. Penyebaran Payara Armatus cukup eksklusif yaitu di Amazon dan sungai Orinoco di Guyana.

Payara Armatus termasuk golongan ikan tipe tengah, yang biasa disebut “Middle Range”. Ini artinya Payara Armatus sering terlihat berada di tengah-tengah area tank, tidak terlalu menempel ke bawah, juga tidak sampai ke dekat permukaan air.

Panjang dari ikan Payara bisa mencapai 90 hingga 100 cm. Beratnya sendiri dapat menambus timbangan sebesar 8-9 kg. Namun, hal itu tidak tetap dan bergantung pada bagaimana kualitas makanan serta perawatannya.

Baca Lainnya: Fakta Menarik Ikan Terbesar di Dunia, Arapaima Gigas

Sebagai ikan predator, menu makanan utama Payara Armatus adalah ikan kecil. Apabila kamu ingin memelihara Payara Armatus, tidak perlu pusing soal makanan. Baik ikan lele, molly, komet, maupun nila akan di lahap oleh ikan ini asalkan muat di mulutnya.

Saat ini, di Indonesia sendiri sudah ada yang memelihara beberapa macam ikan Payara walaupun jumlahnya tidak terlalu banyak. Biasanya, pemeliharanya adalah seorang aktivis alam atau pecinta ikan yang sangat gemar terhadap kelestarian habitat tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.