Mengenal Jenis Ikan Harimau si Cantik nan Elegan

oleh -112 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Mengenal jenis ikan harimau si cantik nan elegan. Menjadikan ikan predator untuk peliharaan memang memiliki nilai dan gengsi tersendiri. Ikan ini merupakan salah satu ikan predator yang cukup populer di kalangan penghobi akuarium. (ree)

Ikan datnoid atau beken juga dipanggil sebagai tigerfish atau datz merupakan ikan hias air tawar yang cantik tetapi merupakan ikan predator. Ikan predator air tawar ini tetap kalian bisa pelihara di aquarium rumah.

Baca juga: Menyembur dengan Brutal! Yuk Kenalan sama Kumbang pengebom

Sebagai tigerfish, ikan datz alias datnoid adalah ikan yang elegan dan cantik yang bisa menjadi ikan hias untuk akuarium apa pun. Mereka memiliki pola mirip harimau di tubuhnya dan piawai menguntit mangsanya dengan cara yang sama seperti harimau.

Berkenalan dengan Ikan Harimau

Ada beberapa jenis ikan datz, meliputi datz Siam, datz Indonesia, datz Thailand Utara, datz Amerika, dan datz Papua. Sejauh ini, datz Indonesia alias Indonesian tigerfish adalah jenis datnoid yang paling umum dimiliki oleh penghobi akuarium. Jenis ikan ini menawarkan warna yang hidup dan spesies ini tak memiliki perbedaan nyata antara pejantan dan betina.

Baca Lainnya: Mengenal Ikan Hias Salmon Emas Predator Dari Brazil

Ikan Datnoid atau Tigerfish ini bisa mencapai ukuran lebih dari 25cm di akuarium bahkan bisa mencapai ukuran 45cm di alam. Ikan datnoid ini umurnya bisa mencapai lebih dari 10 tahun. Tigerfish ini memiliki tingkat pertumbuhan yang lambat. Artinya bahwa ikan ini memerlukan waktu yang cukup lama untuk berukuran besar. Ikan predator ini agak pemalu dan ikan ini tidak menyukai terlalu banyak cahaya.  ini memiliki tingkat pertumbuhan yang lambat. Artinya bahwa ikan ini memerlukan waktu yang cukup lama untuk berukuran besar. Ikan predator ini agak pemalu dan ikan ini tidak menyukai terlalu banyak cahaya.

Di alam liar, ikan datz lebih suka makan makanan hidup seperti cacing dan serangga. Selain itu, mereka akan memangsa ikan kecil, krustasea, dan hewan kecil lainnya. Ketika ada kesempatan, mereka juga akan memakan hewan-hewan seperti udang, kepiting, dan siput. Ikan datz suka sekali makan, tetapi kamu jika ingin memeliharanya harus berhati-hati dalam memberi mereka makan untuk memastikan kualitas air akuarium tidak terganggu. Masalah kualitas air adalah masalah paling umum yang dihadapi ikan datz, jadi jangan memberi mereka makan berlebihan. Ikan datz cenderung buang kotoran dalam volume yang jauh lebih tinggi daripada jenis ikan lainnya. 

One thought on “Mengenal Jenis Ikan Harimau si Cantik nan Elegan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.