Mengenal Keunikan Ikan Hias Triggerfish

oleh -111 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Mengenal keunikan ikan hias Triggerfish. Sahabat Aquarist Pernahkah kamu mendengar nama ikan satu ini? Triggerfish atau ikan trigger merupakan ikan buas yang biasanya dipelihara dalam aquarium. Umumnya ikan jenis trigger ini adalah ikan yang banyak ditemukan di perairan Indonesia. (ree)

Ikan trigger ini biasa dibilang sebagai ikan yang egois, meskipun begitu ikan ini bisa hidup bersama ikan hias air laut lainnya. Tapi sebelum itu harus dikenali dulu cara hidup dan karakternya. Ikan trigger ini adalah ikan yang suka menyantap ikan-ikan kecil. Tapi ikan ini akan minder jika ada ikan yang lebih besar darinya di dalam aquarium.

Baca juga: Fakta Unik Sturgeon, Si Ikan Purba Penghasil Kaviar Yang Terkenal Mahal

Karakteristik Ikan Triggerfish

Ikan ini berasal dari famili Balistidae dan memiliki 40 spesies jenis ikan. Jenis terbesarnya bernama stone triggerfish yang memiliki panjang hingga 3,3 kaki dan biasanya ditemukan di wilayah perairan Pasifik Timur, dari Meksiko hingga Chili. Ikan trigger disebut pula sebagai musuh para nelayan karena ikan ini memiliki gigi-gigi yang tajam dan sering memutuskan tali pancing ataupun merobek jala nelayan.

Bentuk tubuh ikan trigger berbentuk oval. Karena siripnya berukuran besar, ikan ini bisa berenang dengan cepat menggunakan sirip dan ekornya. Makanan utama ikan trigger adalah hewan invertebrata seperti ubur-ubur, hydra, cumi-cumi. Pada habitat aslinya, ikan ini mencari mangsa dengan cara menggali kepiting ataupun cacing.

Bayi dari ikan trigger ini sering di pelihara oleh para hobiis aquarium air laut. Ikan ini memiliki tabiat yang galak seperti macan.

Baca Lainnya:

Fakta Unik Kumbang Lepuh, Kumbang Yang Dapat Melepuhkan Tangan Manusia

Fakta Unik Burung Blue Jay, Si Biru Yang Cerewet

Ikan trigger lebih suka tinggal di perairan dangkal dekat pantai, terutama di sepanjang terumbu karang. Ada pula trigger yang hidup di Samudra, yang artinya ikan ini dapat hidup di lautan terbuka dan tidak dekat dengan pantai. Banyak spesies ikan trigger yang bersifat teritorial Sang jantan akan mempertahankan wilayahnya untuk memikat betina.

Ikan yang biasa nya bisa hidup berdampingan dengan ikan trigger ini adalah hiu tempel, penter, kerapu dan politan. Mereka adalah jenis ikan yang masuk kategori karnivora. Oleh karena itu jika kalian ingin memelihara ikan ini bersama dengan ikan lain, maka kalian harus memasukkan ikan yang ukurannya lebih besar dari pada ikan trigger ini.

One thought on “Mengenal Keunikan Ikan Hias Triggerfish

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.