,

Mengenal Paus Beluga, Si Putih Dari Kutub Utara

oleh -179 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Mengenal paus Beluga, si putih dari Kutub Utara. Apakah kalian familiar dengan salah satu jenis paus yaitu beluga? Jenis paus ini di kenal ramah dengan manusia dan memiliki tingkat kecerdasan yang tinggi. (ree)

Mungkin kamu sudah tidak asing dengan hewan paus beluga apabila kamu sudah menonton film Finding Dory yang dirilis pada tahun 2016. Selengkapnya, yuk kita simak penjelasannya!!

Baca juga: Mengenal Ikan Hias Yellow Watchman Gobies

Paus ini umum di kenal dengan beluga atau kenari laut karena memiliki ciri khas berupa lengkingan suara yang tinggi. Dan juga hidup secara bersamaan dan membentuk kelompok kecil yang sering kita sebut dengan pods. 

Paus beluga atau paus putih Delphinapterus leucas adalah jenis cetacean yang terdapat di wilayah perairan laut Kutub Utara dan sekitarnya. Beluga adalah salah satu dari 2 jenis paus keluarga Monodontidae, bersama dengan Narwhal, atau paus bertanduk. Selain itu, hewan ini mendapatkan julukan sebagai melonhead whale karena bentuk kepalanya yang mirip melon.

Karakteristik

Nama “Beluga” diambil dari bahasa Rusia bielo yang artinya putih. Sebutan ini merepresentasikan warna tubuhnya sendiri yaitu putih. Namun, warna ini memiliki fungsi yang penting, yaitu untuk membaur dengan lingkungan sekitar.

Saat Beluga berenang di lapisan es kutub, warna tersebut bertindak sebagai bentuk kamuflase. Inilah yang membuat mereka terhindar dari pemangsa, seperti beruang kutub atau paus orca.

Mereka memiliki badan dengan bentuk silindris dengan ujung kepala seperti benjolan bulat. Benjolan bulat ini hanya berisikan lemak. Lalu panjang beluga dapat mencapai 5 meter dan memiliki umur yang cukup panjang yaitu 35-50 tahun.  

Baca Lainnya: Fakta Unik Burung Bobolink, Memiliki Suara Merdu Namun Merugikan Petani

Paus Beluga memiliki sifat yang sangat ramah dan komunikatif dengan memanfaatkan suara-suara whistles, clicks, dan clangs yang bisa mereka buat. Tidak hanya itu, paus Beluga juga dapat mengikuti banyak suara lainnya. Hewan ini dapat hidup di antara icebergs dan es yang ada di perairan dingin, yang mana temperatur air dapat mencapai lebih rendah dari nol derajat celcius. Namun, karena pada musim panas air akan cenderung menjadi lebih hangat, paus Beluga dapat beradaptasi dengan kondisi air yang hangat.

Beluga diketahui memangsa ikan, cumi-cumi, gurita, siput dan krill, sejenis udang berukuran kecil. Ikan favorit mereka adalah herring, cod, smelt, flounder dan lainnya. Mereka mendapatkan sebutan sebagai pemangsa yang rakus karena bisa memakan lebih dari 100 jenis hewan laut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.