Seputar Lailatul Qadar yang Harus Kamu Tahu

oleh -63 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Lailatut Qadar adalah malam yang yang lebih baik dari 1000 bulan, di mana malam itu hanya ada dapat kita jumpai spesial hanya di malam hari bulan Ramadan.(Robi)

Malam lailatul qadar tak ubahnya surprise dari Allah SWT bagi hambaNya yang beriman dan bertakwa. Untuk hamba spesial ini, Allah SWT telah menyiapkan malam penuh berkah yang lebih baik daripada seribu bulan.

Keistimewaan lailatul qadar telah dijelaskan Allah SWT dalam Al Quran surat Al Qadar ayat 3-5

لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ (3) تَنَزَّلُ الْمَلَائِكَةُ وَالرُّوحُ فِيهَا بِإِذْنِ رَبِّهِمْ مِنْ كُلِّ أَمْرٍ (4) سَلَامٌ هِيَ حَتَّى مَطْلَعِ الْفَجْرِ (5)

Arab latin: 3. lailatul-qadri khairum min alfi syahr, 4. tanazzalul-malā`ikatu war-rụḥu fīhā bi`iżni rabbihim, ming kulli amr, 5. salāmun hiya ḥattā maṭla’il-fajr

Artinya: “Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar.”

Dengan keistimewaan ini, tak heran jika tiap muslim berharap bisa memperoleh malam yang lebih baik dari 1000 bulan. Harapan tentunya diiringi usaha selalu taat perintah Allah SWT dan menjauhi laranganNya.

Kapan malam Qadar di tahun 2022?

Layaknya sebuah kejutan menyenangnya, malam istimewa ini adalah misteri yang hanya diketahui Allah SWT. Namun dikutip dari situs IAIN Madura, ada sedikit informasi tentang malam penuh kemuliaan ini.

Info malam lailatul qadar diketahui dari kitab Ihya Ulumudin yang ditulis Imam Al Ghazali. Berikut penjelasannya:

1. Jika hari pertama Ramadan jatuh pada malam Ahad (Minggu) atau Rabu, maka lailatul qadar jatuh pada malam 29 Ramadan.

2. Jika malam pertama Ramadan jatuh pada malam Senin, maka lailatul qadar jatuh pada malam 21 Ramadan.

3. Jika malam pertama Ramadan jatuh pada malam Kamis, maka lailatul qadar jatuh pada malam 25 Ramadan.

4. Jika malam pertama Ramadan jatuh pada malam Sabtu, maka lailatul qadar jatuh pada malam 23 Ramadan.

5. Jika malam pertama Ramadan jatuh pada malam Selasa atau Jumat, maka lailatul qadar jatuh pada malam 27 Ramadan.

Malam lailatul qadar juga pernah dijelaskan ulama besar Imam Syafi’i. Penjelasan ini menjadi acuan para penganut mazhab Syafi’i. Lailatul qadar lebih dekat pada 21 dan 23 Ramadan. Sedangkan sebagian ulama berpendapat, malam tersebut jatuh pada 27 Ramadan.

IAIN Madura menjelaskan, pendapat tersebut berdasarkan pengetahuan dan pendapat para ulama. Pendapat ini sejalan dengan hadits Nabi SAW yang menyarankan umatnya mencari lailatul qadar di 10 malam terakhir Ramadan

تَحَرَّوْا لَيْلَةَ الْقَدْرِ فِى الْوِتْرِ مِنَ الْعَشْرِ الأَوَاخِرِ مِنْ رَمَضَانَ

Artinya: “Carilah lailatul qadar di malam ganjil dari sepuluh malam terakhir di bulan Ramadan.” (HR Bukhari).

Lailatul qadar juga bisa kita ketahui dari karakternya yang khas. Dikutip dari laman kantor wilayah (kanwil) Kementerian Agama, ciri malam lailatul qadar telah dijelasakan Nabi Muhammad SAW dalam haditsnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.