Rasi Bintang ‘Jelmaan’ Makhluk Mitologi Yunani

oleh -108 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Rasi bintang atau yang biasa kita sebut konstelasi merupakan kumpulan bintang yang membentuk suatu pola di langat pada saat malam hari. Mungkin di bidang astronomi fenomena ini terdengar sangat lumrah. Namun, tahukah kamu ternyata pola atau gambar yang tercipta dalam rasi memiliki makna dan kisah tertentu. (cva)

Beberapa rasi bintang yang dipercaya sebagai jelmaan dari makhluk mitologi. Contohnya seperti hewan-hewan ganjil dalam kisah mitologi di Yunani. Penasaran apa saja itu? Yuk, simak di bawah ini!

1. Rasi Pegasus

5 Rasi Bintang 'Jelmaan' Makhluk Mitologi Yunani, Ada Kisahnya lho!

Dalam mitologi Yunani, Pegasus merupakan kuda putih ajaib yang memiliki sayap. Sementara dalam astronomi, Pegasus merujuk pada rasi bintang terbesar ketujuh di langit malam.

Kendati demikian, keduanya memiliki kaitan yang sangat erat. Dalam kisah mitologi, kuda bersayap ini adalah makhluk yangmendapat mandat dari Zeus untuk membawa petir dan kilatnya. Sebab itulah ketika Pegasus mati, ia diangkat ke langit oleh Zeus sebagai tanda penghormatan terakhir.

Jika kita mengamati Rasi Pegasus ini dari Bumi, kumpulan bintang tersebut akan nampak seperti jelmaan kuda yang sedang terbang. Itulah sebabnya rasi yang memiliki 15 bintang ini masyarakat percayai sebagai jelmaan makhluk mitologi bersayap Dewa Zeus.

2. Rasi Draco

5 Rasi Bintang 'Jelmaan' Makhluk Mitologi Yunani, Ada Kisahnya lho!

Melansir dari laman Constellation Guide, Rasi Draco mempunyai cerita mitologi yang berkaitan erat dengan Dewi Hera. Hera merupakan istri sekaligus saudari Zeus.

Sebagian masyarakat mempercayai bahwa Rasi Draco merupakan jelmaan seekor naga bernama Laden. Naga tersebut konon bertugas untuk menjaga pohon apel emas milik Hera di kebun milik Hespendes. Menurut legenda, tumbuhan ajaib tersebut adalah hadiah pernikahan untuk Hera saat ia menikah dengan Zeus.

Dalam bahasa Latin sendiri, kata “draco” memiliki arti ‘naga’. Oleh karena itu, rasi bintang ini akan terlihat berbentuk seperti makhluk tersebut jika kita amati dari Bumi.

3. Rasi Aquila

5 Rasi Bintang 'Jelmaan' Makhluk Mitologi Yunani, Ada Kisahnya lho!

Dalam astronomi, Aquila adalah rasi bintang terbesar ke-22 di langit malam. Rasi ini memiliki cerita mitologi yang hampir sama dengan Pegasus.

Aquila merupakan burung elang yang juga mendapat tugas untuk membawa petir Zeus. Di sebuah kisah, elang ini mendapat perintah dari Zeus untuk menculik seorang anak laki-laki muda Troya bernama Ganymede ke Olympus. Tujuannya adalah untuk menjadikan Ganymede sebagai pembawa piala dan penuang anggur untuk para dewa.

4. Rasi Cygnus

Cygnus adalah makhluk berupa angsa yang dalam ceritanya juga berkaitan erat dengan Zeus. Alkisah, suami Hera itu terpikat akan kecantikan Leda, ratu dari Sparta. Namun, Zeus tahu bahwa ia tidak mungkin memenangkan hati Leda, lantaran wanita itu sudah bersuami.

Tak ingin menyerah, Zeus akhirnya mengubah dirinya sendiri menjadi seekor angsa yang cantik. Ia menggunakan wujud angsa tersebut untuk memikat Leda. Alhasil, ratu Sparta itu tergoda dan jatuh ke pelukan Zeus.

Dalam astronomi, Cygnus adalah rasi terbesar ke-16 di langit malam. Rasi ini memang nampak berbentuk seperti angsa jika kita amati dengan seksama dari Bumi.

5. Rasi Cetus

5 Rasi Bintang 'Jelmaan' Makhluk Mitologi Yunani, Ada Kisahnya lho!

Melansir laman Britannica, Cetus ialah rasi bintang terbesar ke-4 di langit malam. Sementara dalam mitologi Yunani, Cetus adalah makhluk berupa monster laut yang dalam kisahnya mendapat mandat dari Dewa Poseidon untuk membunuh Andromeda, putri dari kerajaan Ethiopia.

Namun, saat Cetus hendak membunuh Andromeda, usahanya digagalkan oleh Perseus. Perseus adalah tokoh yang berhasil membunuh Medusa. Monster laut itu kemudian diubah menjadi batu oleh Perseus dengan menggunakan kepala Medusa yang dibawanya.

Berbicara tentang rasi bintang memang tak terpisahkan dari kisah mitologinya yang menarik. Apalagi jika sudah berkaitan dengan dewa dewi Yunani yang legendaris. Menurutmu, cerita hewan mitologi mana yang paling epik?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *