Resep Bebek Peking ala Chinese Food

oleh -94 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Bebek peking memiliki daging yang lembut dan empuk. Siapa pun yang memakannya pasti ketagihan. Belum lagi, kulitnya renyah yang tiada tanding. (cva)

Sayangnya, harga bebek peking cukup bikin dompet menjerit. Kalau sudah begitu, gak ada cara lain selain bikin sendiri di rumah. Yuk, masak bebek peking melalui resep berikut ini.

Bahan membuat

Bahan utama:

  • 1 ekor bebek
  • 250 ml air
  • 3 sdm kecap manis
  • 2 sdm kecap asin

Bahan bumbu

  • 3 buah jeruk nipis
  • 3 sdm gula pasir
  • 1 sdm angkak
  • 1 sdt lada bubuk
  • garam secukupnya

Bersihkan dan potong daging bebek

Pastikan daging bebek yang akan diolah sudah dalam keadaan bersih. Kamu bisa membilas seluruh bagian bebek dengan air mengalir, lalu hilangkan semua bulu dan jeroannya. Lakukan perlahan saja tanpa terburu-buru agar bebek bersih maksimal.

Selanjutnya, tiriskan daging bebek yang sudah dibilas sampai kering di atas talenan. Potong-potong bebek menjadi beberapa bagian, idealnya mencapai sepuluh potongan. Jika sudah, sisihkan potongan daging bebek ke dalam wadah.

Haluskan semua bahan bumbu marinasi

Berikan perasan air jeruk nipis ke dalam wadah berisi potongan daging bebek. Aduk-aduk menggunakan tangan sampai semua potongan daging tercampur merata. Langkah ini dilakukan dengan tujuan menghilangkan bau amis pada daging bebek. Biarkan selama kurang lebih 15 menit.

Sembari menunggu daging bebek, saatnya membuat bumbu marinasinya. Masukkan garam, gula pasir, lada bubuk, angkak, kecap asin, dan kecap manis ke dalam wadah. Aduk semua bumbu tersebut hingga tercampur rata. Sisihkan sebentar.

Marinasi daging bebek selama sejam

Ketika saatnya memarinasi, keluarkan daging bebek terlebih dahulu dari rendaman air jeruk nipis. Bilas sebentar dengan air bersih untuk menghilangkan bau amis dan air perasan jeruk di permukaan daging. Sisihkan sebentar dan tiriskan hingga tuntas.

Selanjutnya, masukkan semua potongan daging bebek ke dalam wadah berisi bumbu marinasi. Aduk sesekali agar semua bumbunya tercampur dan terbaluri ke daging bebek. Biarkan daging bebek termarinasi selama kurang lebih satu jam.

Panggang bebek peking hingga matang

Letakkan potongan daging bebek ke dalam loyang. Atur posisi masing-masing daging agar tidak terlalu menempel. Kalau daging cuma sedikit, panggang dalam sekali sesi. Namun, lakukan secara bertahap apabila jumlah daging bebek cukup banyak.

Panggang bebek dengan suhu 180 derajat celsius. Oleskan terlebih dahulu sisa bumbu kecap tadi, lalu panggang. Biarkan bebek peking terpanggang hingga matang dan sedikit kering. Jika sudah, keluarkan dan sajikan bebek peking dengan perasan jeruk nipis.

Sekarang, kamu gak perlu lagi mengeluarkan banyak uang untuk membeli bebek peking di restoran Chinese food. Buatanmu dijamin terasa nikmat, seenak buatan restoran, deh!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *