Gunung Krakatau dan Anak Krakatau Ngulik Yuk!

oleh -31 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Indonesia merupakan salah satu negara yang di kelilingi oleh banyak gunung aktif di dunia salah satunya gunung krakatau.(Robi)

Letak Gunung Krakatau berada di Pulau Rakata. Pulau tersebut ada di Selat Sunda yang memisahkan Jawa dan Sumatra. Secara administratif, gunung ini berada di Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung.

Pulau Rakata, yang merupakan satu dari tiga pulau sisa Gunung Krakatau Purba kemudian tumbuh sesuai dengan dorongan vulkanik dari dalam perut bumi yang dikenal sebagai Gunung Krakatau (atau Gunung Rakata) yang terbuat dari batuan basaltik.

Baca Juga : Bagaimana Balet Masuk ke Indonesia? Berikut Sejarahnya

Gunung berapi ini pernah meletus pada 26-27 Agustus tahun 1883. Letusan Krakatau pada saat itu disebut sebagai bencana alam yang mempunyai kedahsyatan sama dengan kisah masyarakat Pompeii dan Heculaneum yang terkubur oleh letusan Gunung Vesuvius.

Letusan Gunung Krakatau di tahun tersebut membuat sebagian besar gunung berapi bersama Pulau Rakata runtuh ke dalam laut. Pada saat itu, Krakatau mengeluarkan jutaan ton batu, debu, dan magma. Material tersebut menutupi wilayah seluas 827.000 km2.

Pertumbuhan Gunung Anak Krakatau

Dalam Jurnal Geologi Indonesia 1(3),diterangkan bahwa setelah mengalami letusan dahsyat pada pertengahan tahun 1883, Gunung Krakatau mengalami masa istirahat selama beberapa tahun. Tanggal 29 Desember 1927, akhirnya gunung ini mengalami letusan bawah laut.

Letusan tersebut mengakibatkan air tersembut di pusat Kompleks Gunung Api Krakatau dan menyerupai air mancur. Letusan bawah laut itu terjadi terus menerus sampai 15 Januari 1929.

Seorang ahli gunung api menyatakan bahwa terdapat tumpukan material di samping tiang asap yang membentuk pulau kecil. Fenomena tersebut kemudian dikenal dengan kelahiran anak Krakatau.

Pertumbuhan Gunung Anak Krakatau terletak di pusat Kawasan Krakatau. Anak gunung tersebut tumbuh dari kedalaman 180 meter di bawah laut dan muncul kepermukaan pada tahun 1929. Pertumbuhan gunung tersebut cukup cepat dan beberapa kali mengalami letusan.

Itulah sejarah letusan Gunung Krakatau pada tahun 1883 dan awal mula kemunculan anak Krakatau yang perlu kita ketahui.

One thought on “Gunung Krakatau dan Anak Krakatau Ngulik Yuk!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *