Suka Berfoto Selfie Tak Kenal Waktu Dan Tempat? Awas Gejala Selfitis Di Dalam Dirimu!

oleh -67 views
Suka-Berfoto-Selfie-Tak-Kenal-Waktu-Dan-Tempat?-Awas-Gejala-Selfitis-Di-Dalam-Dirimu!
Selfitis adalah istilah untuk menggambarkan perilaku seseorang yang kecanduan foto selfie dan mengunggah ke akun media sosialnya.

ZETIZEN RADAR CIREBON – Selfie adalah singkatan dari “self potrait” yang berarti foto hasil memotret diri sendiri dan telah menjadi sebuah trend sosial, dimana milyaran penduduk bumi setiap harinya melakukan selfie, Lalu mengunggahnya ke akun media sosial memang bukan hal yang aneh, ya. Tetapi, tahu nggak, sih? Kalau dilakukan secara berlebihan, hal tersebut bisa berdampak buruk bagi diri sendiri, lho. Nah, fenomena ini disebut dengan selfitis. Yuk, kita cari tahu apa itu selfitis? (tezz)

Apa itu selfitis?

Bersumber dari laman website Alodokter. Selfitis adalah istilah untuk menggambarkan perilaku seseorang yang kecanduan foto selfie dan mengunggah ke akun media sosialnya. Kondisi ini bukan termasuk gangguan mental, melainkan bentuk perilaku narsisme yang bisa berkembang menjadi penyakit mental jika tidak di sikapi dengan baik dan gejala ini sudah di kenal pada tahun 2014 untuk menggambarkan perilaku obsesif seseorang pada selfie.

Ciri-ciri pengidap selfitis

Para peneliti membagi perilaku selfitis menjadi tiga kategori. Yang pertama adalah boderline, yaitu selfie kurang lebih tiga kali sehari tanpa mengunggah, lalu kategori akut, yakni selfie tiga kali sehari dan mengunggah ke media sosial, dan terakhir kronis, yaitu perilaku implusif berfoto selfie dan mengunggahnya setidaknya 6 kali sehari secara berturut-turut.

Baca juga: SPYxFAMILY Tayang di Netflix Awal April Ini

Kendati demikian, tidak semua orang yang gemar swafoto pasti mengalami selfitis, kok. Perilaku berfoto selfie sudah termasuk dalam selfitis jika menunjukkan tanda-tanda berikut:

  • Sebagian besar foto di media sosialnya merupakan hasil swafoto di tempat yang eyecathing ataupun yang tidak biasa.
  • Sering terpikir untuk berfoto selfie hingga mengganggu aktivitas sehari-hari seperti saat bekerja ataupun melakukan kegiatan pekerjaan rumah.
  • Merasa cemas jika tidak mengunggah foto selfie.
  • Rela melakukan segala cara untuk bisa mendapatkan foto diri sendiri yang menarik, misalnya mengubah bentuk wajah atau mengubah penampilan rambut.

Lanjutan artikel ini ada di halaman berikutnya …

Baca artikel lainnya juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *