Tanda Kamu Emotional Sponge! Punya Empati Berlebih

oleh -73 views
emotional sponge

ZETIZEN RADAR CIREBON – Berempati pada seseorang adalah tindakan yang patut di acungi jempol, tapi perlu di perhatikan bahwa tidak selamanya seseorang itu terjebak di masalah yang sama. Maka dari itu janganlah berempati berlebihan atau akan menjadi emotional sponge.

Apa Itu Emotional Sponge?

Empati merupakan kemampuan memahami perasaan orang lain dengan cara melihat suatu permasalahan melalui  sudut pandang orang tersebut. Sikap empati di perlukan untuk membangun hubungan sosial yang baik dengan orang lain.

Sesuai namanya, emotional sponge menandakan tipe kepribadian orang yang mudah menyerap emosi dari lingkungan sekitarnya. Pasalnya,  orang ini cenderung memiliki empati tinggi hingga bisa merasakan seberapa dalam rasa sakit atau kesedihan orang lain. 

Terlebih, jika mereka pernah mengalaminya. Oleh karenanya, mereka mudah merasa frustrasi, marah, sedih, dan cemas setelah menyerap emosi yang di rasakan orang lain.

Ketika orang lain memiliki masalah, seseorang dengan emotional sponge seakan merasa harus membantu menyelesaikan  masalah tersebut. Apabila dia ngga bisa membantu, dia akan merasa bersalah. Dia sulit merasa bahagia ketika mengetahui penderitaan orang lain.

Baca juga: Emotional Eating! Stop Kebiasaan Makan Saat Marah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.