Valhalla dan Sejumlah Fakta Menarik Dibaliknya (Part 1)

oleh -90 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Dari sekian banyak mitologi dan legenda yang ada sepanjang sejarah dunia, hanya sedikit yang memiliki makna luas seperti cerita Nordik kuno. Selain itu, dari semua tempat dalam kosmologi Nordik, ada tempat yang dianggap paling mulia dan didambakan, yakni aula besar Valhalla. Yaitu tempat pesta allfather Odin, tempat di mana ia bertempur dengan roh prajurit terhebat yang pernah hidup dan mati. (cva)

Namun, Valhalla bukan sekadar surganya Viking. Terdapat sejumlah fakta menarik tentang Valhalla. Seperti apa?

1. Arti kata Valhalla 

Valhalla” adalah latinisasi dari Nordik Lama “Valhöll,”. Menurut Online Etymology Dictionary, ia memiliki arti “aula pertempuran-terbunuh.”

Unsur pertama dari kata, “valr,” adalah istilah untuk mereka yang terbunuh dalam pertempuran dan juga bagian pertama dari kata “valkyrie“, yang merupakan pemilih dari yang terbunuh. Kata “valr” juga memiliki persamaan dengan kata Latin “vulnus“, yang berarti “luka”, sumber dari kata bahasa Inggris “vulnerable“. 

Höll” atau “halla” berkaitan dengan kata “hall” dalam bahasa Inggris, yang artinya memiliki kesamaan. Sumber kata-kata ini adalah Proto-Indo-Eropa “kel-,” yang berarti “penutup” atau “sembunyi”.

Ini juga berkaitan dengan “kiamat”, yang secara harfiah berarti penyingkapan atau wahyu. “Hall” dan “höll” terkait dengan kata lain, yang merupakan tempat tinggal orang mati: Neraka, atau sebagaimana orang Nordik menyebutnya, Hel.

2. Siapa yang Bisa kesana? 

12 Fakta tentang Valhalla, Salah Satu Mitologi Nordik Populer

Meskipun begitu, tidak semua manusia bisa ke Valhalla. Mirip dengan konsepsi Yunani-Romawi tentang Kepulauan yang Terberkati, Valhalla adalah tujuan akhir bagi mereka yang berani dan memiliki kebajikan. Bagi Viking, kebajikan terbesar mereka datang dari kematian dalam pertempuran.

Orang-orang yang cukup berani ini dapat tinggal di aula besar Odin. Mereka adalah para”einherjar,” yang berarti “pejuang tunggal” atau “tentara satu”. Menurut Encyclopedia Mythica, para juara ini akan menjadi putra angkat Odin atau berstatus sebagai pengumpul prajurit yang gugur.

Penduduk Valhalla dipilih oleh para valkyrie dan dibawa ke aula besar Odin. Sesampai di sana, mereka bisa sepuasnya makan dan minum. Secara khusus, mereka berpesta dengan babi hutan ajaib bernama Sæhrímnir, yang beregenerasi setiap malam sehingga mereka bisa memakannya lagi keesokan harinya.

Meskipun banyak orang yang terus masuk ke Valhalla, namun dagingnya tidak pernah habis, dan madu juga tidak pernah mengering. Namun, tidak semuanya berpesta, ada pula einherjar yang menghabiskan sebagian besar waktunya dalam pertempuran, berlatih untuk peristiwa Ragnarok. 

3. Peran Valkyrie 

Menurut Encyclopedia Britannica, Valkyrie merupakan sekelompok gadis yang melayani Odin. Peran utama mereka adalah mensurvei siapa saja yang gugur di medan perang dan memutuskan mana yang layak ke Valhalla.

Gadis-gadis perisai Odin ini konon berparas menawan namun ganas. Mereka mengenakan baju besi perang dengan perisai. Valkyries juga mampu meramalkan datangnya pertempuran, kematian, dan pertumpahan darah. Mereka bisa melindungi nyawa tentara, tapi mereka juga bisa membunuhnya. 

4. Seperti apa tempat itu? 

12 Fakta tentang Valhalla, Salah Satu Mitologi Nordik Populer

Norse Mythology menjelaskan bahwa tempat tersebut adalah “emas-cerah” karena atapnya penuh dengan perisai emas yang bersinar. Bagian dalam aula penuh dengan meja pesta untuk einherjar dan kursi-kursi besar yang mengelilingi meja-meja ini berlapis mantel berhias pelat logam.

Derit dari bangku ini menciptakan suara seperti guntur. Sejumlah gerbang di Valhalla dijaga oleh serigala dan elang yan menjulang tinggi di atasnya. Di luar pintu depan Valhalla berdiri pohon besar Glasir, yang daunnya berwarna emas kemerahan.

Pohon itu sangat terkenal di antara dewa dan manusia, dan keindahan emasnya menginspirasi beberapa puisi, yang menggunakan istilah “daun Glasir” atau “jarum glasir” sebagai metafora untuk zat berharga.

5. Di mana Valhalla? 

12 Fakta tentang Valhalla, Salah Satu Mitologi Nordik Populer

Melansir dari Norse Mythology, keberadaannya ada di alam dewa langit Nordik, Asgard. Perbedaan antara Valhalla sebagai hadiah abadi untuk mereka yang meninggal dengan cara gagah berani, dan Hel bagi mereka yang meninggal dengan cara yang memalukan.

Penafsiran mitologi ini berasal dari Snorri Sturluson, seorang sarjana abad pertengahan yang menambahkan beberapa agama Kristen ke dalam paganisme Nordik versi lamanya. Karena itu, banyak sumber yang menyatakan bahwa Valhalla ada di bawah bumi.

6. Rusa dan kambing di atap Valhalla 

12 Fakta tentang Valhalla, Salah Satu Mitologi Nordik Populer

Menurut Encyclopedia Mythica, atap dari Valhalla adalah rumah dari dua hewan mitologi. Yakni, rusa besar Eikþyrnir, yang berarti “pohon ek berduri”. Binatang bertanduk besar ini berdiri di atas atap berlapis emas Valhalla, makan dari pohon ajaib Læraðr, yang berdiri di sebelah Valhalla.

Beberapa penulis mengidentifikasi Læraðr dengan Yggdrasil, pohon ash besar yang cabangnya terdapat di sembilan alam. Saat Eikþyrnir menggigit cabang-cabang pohon ini, tanduknya mengeluarkan tetesan air, yang memenuhi sumur Hvergelmir, yang mengalir ke semua sungai.

Hewan di atap Valhalla lainnya adalah kambing betina Heiðrún. Dia juga merumput dari cabang Læraðr, dan ia tidak menghasilkan susu melainkan madu yang disajikan oleh valkyrie ke einherjar dalam jumlah yang tidak pernah habis. Setiap hari, Heiðrún mengisi tong dengan madu yang cukup.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *