Valhalla dan Sejumlah Fakta Menarik Dibaliknya (Part 2)

oleh -110 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Di artikel sebelumya kita sudah membahas sebagian fakta menarik tentang Valhalla. Di artikel kali ini kita akan melanjutkan kembali topik tersebut. So, let’s check it out guys! (cva)

1. Valhalla adalah tempat yang besar dan memiliki banyak kamar

12 Fakta tentang Valhalla, Salah Satu Mitologi Nordik Populer

Puisi mitologis Grimnismal berisi salah satu deskripsi paling lengkap tentang Valhalla. Dalam kisahnya, Valhalla berada di Asgard yang terkenal sebagai Glaðsheimr (“rumah terang”).

Stanza 22 mengatakan bahwa Valhalla berdiri di belakang gerbang suci Valgrind, yang memiliki 540 pintu, cukup besar untuk didatangi 800 einherjar. Selain itu, tempat ini juga memiliki 540 ruangan, yang terbesar adalah aula besar Thor, yang memiliki 540 kamar. 

Tetapi, sebagian besar sumber mengatakan bahwa aula Thor bukan bagian dari Valhalla. Aula Thor bertajuk Bilskírnir (yang berarti “abadi” atau “kilat”) dan Þrúðvangr atau Þrúðheimr, merupakan milik Thor. Bilskírnir adalah tempat Thor tinggal bersama istrinya Sif dan anak-anak mereka. 

2. Bukan hanya untuk bersenang-senang

12 Fakta tentang Valhalla, Salah Satu Mitologi Nordik Populer

Seperti yang tercantum dalam salah satu artikel diNorse Mythology, minum dan pesta hanyalah aktivitas malam hari bagi para einherjar. Para einherjar menghabiskan hari mereka dengan berkelahi satu sama lain.

Para pejuang yang terluka atau terbunuh (terbunuh ganda) dalam pertempuran postmortem ini akan pulih setiap malamnya. Di Valhalla, para einherjar tidak hanya bersenang-senang, mereka berlatih untuk pertempuran terpenting setelah hidup mereka, yaitu Ragnarok.

Pertempuran apokaliptik antara para dewa dan raksasa Fenrir jika binatang besar itu berhasil lolos dari tempat kurungannya. Sayangnya, terlepas dari pelatihan dan upaya berani mereka, Odin dan putranya kalah dan tewas bersama dengan seluruh alam semesta miliknya. 

3. Gylfi mengunjungi Valhalla 

12 Fakta tentang Valhalla, Salah Satu Mitologi Nordik Populer

Sejumlah teks mitologis menggambarkan Valhalla sebagai tempat yang bisa dikunjungi. Hal ini terungkap dari sejumlah saga dan puisi Nordik oleh Euhemerized, yang berarti bahwa Asgard bukanlah tempat tinggal surgawi bagi para dewa, tetapi sebagai kerajaan duniawi.

Odin dan aesirnya bukanlah dewa tetapi hanya raja biasa yang memiliki kekuatan dan juga sihir. Salah satu catatan terkenal tentang Valhalla berasal dari Gylfaginning (“The Beguiling of Gylfi”), prosa abad ke-13 oleh Snorri Sturluson 

Melansir dari Norse Mythology, minum dan pesta hanyalah aktivitas malam hari bagi para einherjar. Para einherjar menghabiskan hari mereka dengan berkelahi satu sama lain.

Para pejuang yang terluka atau terbunuh (terbunuh ganda) dalam pertempuran postmortem ini akan pulih setiap malamnya. Di sini, para einherjar tidak hanya bersenang-senang, mereka berlatih untuk pertempuran terpenting setelah hidup mereka, yaitu Ragnarok.

4. Tempat atau tujuan akhir selain Valhalla

Meskipun jelas tidak semua orang Nordik yang meninggal pergi ke Valhalla, bahkan pejuang gagah berani yang tewas dalam pertempuran pun tidak semuanya berhasil sampai ke sana. Valkyrie hanya membawa sekitar 50 persen orang yang tewas di pertempuran ke Valhalla.

Setengah lainnya pergi ke Folkvangr, alam dewi Freya. Menurut Ancient Origins, Freya adalah salah satu dewi paling menonjol dalam agama Nordik kuno. Ia juga salah satu dari Vanir, yang bahkan lebih bersahaja dengan simbol kesuburan. Wilayahnya adalah Folkvangr, tempat lain bagi para pejuang yang gugur. 

Folkvangr berarti “lapangan rakyat” atau “lapangan para pejuang,” beberapa orang berspekulasi bahwa perbedaan antara Valhalla dan Folkvangr yakni Valhalla adalah tempat tinggal para pemimpin atau perwira dari berbagai tentara, sedangkan Folkvangr adalah tujuan untuk prajurit biasa.

Freya juga memiliki aula besar (Sessrumnir, “ruangan yang penuh dengan kursi”). Yang membedakannya dari Valhalla adalah ia juga membawa roh para wanita bangsawan yang telah meninggal, seperti yang tersirat dalam Thorgerdr di Egil’s Saga. 

5. Tempat terakhir bagi orang biasa

12 Fakta tentang Valhalla, Salah Satu Mitologi Nordik Populer

Mitologi Nordik berisi sejumlah kemungkinan adanya kehidupan setelah kematian, yang tidak selalu sama di berbagai sumber. Kehidupan akhirat yang paling umum bagi sebagian besar manusia, menurut Norse Mythology adalah Hel. Alam tersebut diperintah oleh dewi yang juga disebut Hel (atau Hela).

Tempat itu merupakan akhirat biasa. Beberapa sumber mengatakan bahwa Valhalla hanyalah bagian dari Hel. Ada satu sumber Nordik lama yang menggambarkan kehidupan setelah kematian, yakni tempat hukuman. Tempat itu disebut Nastrond. Konon, lantainya penuh dengan ular dan langit-langitnya berlumuran racun.

6. Valhalla di kehidupan nyata

Mitos dan legenda yang beredar selama ini menyatakan bahwa aula paling mulia ini menjadi rumah abadi dari orang-orang terhebat dan termasyhur yang pernah hidup, wajar jika seseorang menciptakannya di Bumi.

Nah, jika ingin mengunjungi Valhalla, tempat itu berada tepat di luar Regensburg di Bavaria, berdiri monumen Walhalla, tujuan wisata yang populer di sana

Monumen ini selesai dibangun pada tahun 1842, dalam gaya neoklasik yang populer pada saat itu, meniru Parthenon di Yunani bukan Valhalla dalam mitologi Nordik. Di dalamnya, ada 130 patung dan 65 tugu peringatan yang didedikasikan untuk mengenang orang Jerman yang bersejarah dan penutur bahasa Jerman lainnya seperti Arnulph I, Adipati Bayern.

Terkait benar atau tidaknya, tempat tersebut hanyalah legenda atau mitologi Nordik yang cukup populer pada masanya, dan mitologi ini telah menjadi inspirasi berbagai film dan buku di dunia hingga saat ini. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *