5 Alasan Kamu Tidak Boleh Memuji Orang Berlebih

oleh -15 views
Memuji berlebih

ZETIZEN RADAR CIREBON – Memuji seseorang karena dia indah atau pintar atau mempunyai kemampuan yang hebat memang wajar. Tapi memuji seseorang juga mempunyai batasan, pujian yang berlebihan dapat berubah jadi negatif untuk orang yang menerimanya.

1.      Terkesan tidak tulus

Pujian merupakan hal yang tidak asing lagi. Dalam situasi tertentu kita pasti pernah melontarkan kalimat tersebut kepada sesama.

Entah itu kepada teman di sekitar, keluarga, maupun kepada rekan kerja. Memuji merupakan salah satu cara untuk menghargai pencapaian yang telah di raih orang lain.

Namun yang perlu di ingat, jangan sampai pujian yang kamu berikan justru berlebihan dan berada di luar batas wajar.

2.      Pujianmu bisa berubah jadi toxic positivity

Istilah toxic positivity tentu sudah tidak asing lagi sekarang. Banyak artikel-artikel bertebaran yang membahas tentang hal tersebut.

Sebagaimana yang kita tahu, toxic positivity merupakan kalimat yang kedengarannya seperti dukungan atau apresiasi positif namun sebenarnya justru menjerumuskan.

Hal ini juga berlaku ketika kamu memberikan pujian kepada orang lain sampai kelewat batas. Niatmu mengapresiasi justru berubah menjadi perbuatan menjerumuskan. Karena pujianmu tersebut, bisa jadi orang lain akan cepat berpuas diri sehingga enggan berusaha lebih baik lagi ke depannya.

Baca juga: Guilt Complex! Ketika Merasa Bersalah Berlebihan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.