Actor Observer Effect! Mudahnya Menilai Orang Lain

oleh -118 views
actor observer effect

ZETZEN RADAR CIREBON – Apa kamu tahu hal apa yang paling mudah orang lakukan? Yaitu menilai orang lain. Yang namanya manusia sangat mudah menilai orang lain daripada menilai diri sendiri, dan dalam teorinya hal ini memiliki istilah actor observer effect.

Actor obsever Effect

Actor observer effect cenderung lebih menonjol dalam situasi di mana hasilnya negatif. Misalnya, dalam situasi di mana seseorang mengalami sesuatu yang negatif, individu tersebut akan sering menyalahkan situasi atau keadaan.

Ketika sesuatu yang negatif terjadi pada orang lain, orang akan sering menyalahkan individu karena pilihan, perilaku, dan tindakan pribadi mereka.

Sebagai contoh, ketika seorang dokter memberitahu seseorang bahwa kadar kolesterol mereka meningkat, pasien mungkin menyalahkan faktor-faktor yang berada di luar kendali mereka seperti pengaruh genetik atau lingkungan.

Tetapi bagaimana ketika orang lain mengetahui kadar kolesterol mereka terlalu tinggi? Dalam situasi seperti itu, orang menghubungkannya dengan hal-hal seperti pola makan yang buruk dan kurang olahraga.

Dengan kata lain, ketika itu terjadi pada kita, itu di luar kendali kita, tetapi ketika itu terjadi pada orang lain, itu semua salah mereka.

Baca juga: Mere Exposure Effect! Ketahui Seberapa Penting Itu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.