Apakah Benar Nostalgia Bisa Membuat Kita Kecanduan?

oleh -117 views
nostalgia

ZETIZEN RADAR CIREBON – Tanpa mengenal waktu dan tempat, rasa kangen akan masa lalu bisa tiba-tiba datang mengacaukan masa sekarang. Tapi terkadang nostalgia juga membuat kita bahagia, di lansir dari sehatq ini ada alasan kenapa kita mengalami kilas balik.

Ketika nostalgia muncul, perasaan yang muncul kerap kali membuat nyaman dan bahagia. Ini pula yang membuat seseorang bisa betah berjam-jam berbicara tentang masa lalu dengan teman lama. Ini terjadi karenanya memicu aktivitas metabolik di beberapa bagian otak.

Mengapa rasa nostalgia muncul?

Ketika merasakannya, akan ada stimulus aktivitas metabolik sekaligus aliran darah di beberapa bagian otak, utamanya di frontal, limbic, paralimbic, dan otak bagian tengah.

Contohnya orang yang mendengarkan musik dengan kenangan tertentu akan merasakan stimulus di inferior frontal gyrus, cerebellum, dan juga insula di bandingkan dengan saat mendengarkan musik lain tanpa unsur nostalgia baginya.

Lebih jauh lagi, bagian-bagian otak seperti hippocampus, ventral tegmental, dan ventral striatum akan lebih aktif saat merasakannya.

Baca juga: Dampak Positif Nostalgia Bagi kesehatan Mental Kamu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.