Coba Introspeksi Diri dan Stop Menyalahkan Keadaan

oleh -58 views
menyalahkan

ZETIZEN RADAR CIREBON – Kadang kondisi tidak sesuai dengan apa yang kita inginkan, ingin menyalahkan orang lain tapi tidak ada. Akhirnya kamu hanya bisa menyalahkan keadaan atas apa yang terjadi padamu.

Daripada terus-terusan menyalahkan keadaan, mungkin kamu perlu instropeksi diri. Benarkah apa yang kamu lakukan selama ini sudah final dan tidak bisa pilihan lain lagi?

1.      Kita sering menyalahkan realita saat rencana tak berjalan sesuai keinginan

Apakah kamu tahu mengapa realitas selalu terdengar menakutkan di telinga kita? Karena kita terbiasa menyebut ‘realitas’ pada hal-hal tidak sesuai dengan keinginan. Karena itu, ketika semuanya berjalan keluar dari jalur rencana, kamu akan melimpahkan kesalahan itu pada realitas.

Seolah-olah kamu sudah berusaha sekuat tenaga, namun memang bukan takdirmu untuk mendapatkannya. Tapi sebelum kamu menyebut kegagalan sebagai realitas, tanyakan dulu pada diri sendiri, apakah rencana yang kamu susun selama ini sudah cukup mumpuni?

2.      Kita sering merasa tak punya cukup banyak kesempatan. Padahal satu kesempatan yang dimanfaatkan dengan maksimal jauh lebih berguna daripada ribuan kesempatan yang kamu sia-siakan

Mungkin banyak rencana yang kamu susun di kepala, namun selalu saja hanya berupa rencana. Katamu, kamu tidak punya kesempatan untuk mewujudkannya. Namun ada kalanya kita tidak menyadari ketika sebuah kesempatan datang.

Bisa juga rasa malas yang menguasai diri, membuatmu menunda-nunda dengan dalih mencari momen yang paling tepat. Kamu tak butuh banyak kesempatan, bila hanya untuk disia-siakan. Kesempatan mungkin tidak akan datang sendiri, karena itu kamu harus aktif mencari.

Baca juga: Tips Menghadapi Orang yang Suka Playing Victim

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.