Disinhibition Effect! Sifat Orang Saat di Dunia Maya

oleh -37 views
social media marketing dan advertising

ZETIZEN RADAR CIREBON – Merupakan hal yang umum ketika perilaku seseorang di dunia maya berbeda dengan perilakunya di dunia nyata. Kebanyakan mereka merasa lebih mudah berekspresi di dunia maya. Perilaku ini di sebut dengan “disinhibition effect”.

Disinhibition effect menyebabkan seseorang lebih mudah menampilkan kesejatian diri nya (self-disclose) bila di banding dunia nyata. Mereka akan lebih mudah dalam mengeluarkan isi hati, kekesalan, kritikan, dan komentar yang biasanya tidak bisa di keluarkan di dunia nyata.

Seseorang bisa saja terlihat pendiam di dunia nyata, namun perilakunya berbanding terbalik di dunia maya. Telah di lansir dari situs binakarir, berikut beberapa faktor penyebab adanya disinhibition effect pada seseorang, di antaranya:

1. Anonimitas

Pergerakan seseorang di dunia maya tidak mudah terlihat identitasnya. Informasi yang di perlihatkan di dunia maya tidak akan menggambarkan sepenuhnya seseorang.

Dengan adanya ketidakjelasan identitas ini, seseorang lebih berani menunjukkan apa yang dia ingin tampilkan tanpa di ketahui identitasnya oleh orang lain.

Baca juga: Internet Trolling! Musuh Terbesar User Media sosial

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.