Impulsive Buying! Faktor dan Tips Mencegahnya

oleh -123 views
impulsive buying

ZETIZEN RADAR CIREBON – Di akhir bulan Ramadhan kemaren banyak sekali diskon dan promo yang di berikan penjual agar kita memborong produknya. Apalagi Hari Raya Idul Fitri identik dengan baju baru. Sadar atau tidak faktor itu mendorong kita untuk melakukan impulsive buying.

Impulsive buying adalah istilah bahasa Inggris berarti belanja impulsif. Dengan kata lain, impulsive buying adalah keinginan seseorang untuk membeli suatu produk dalam jumlah banyak secara tiba-tiba tanpa melalui pertimbangan dan proses berpikir panjang.

Dalam praktiknya, keputusan ini lebih menggunakan emosi perasaan daripada logika. Biasanya, kebiasaan ini muncul ketika diri dirangsang oleh sesuatu yang menarik.

Misalnya seperti diskon atau promo sehingga membuat diri menjadi tertarik membeli, karena merasa kesempatan tersebut tidak akan bisa didapatkan di kemudian hari.

Faktanya, belanja impulsif membawa dampak negatif bagi pelakunya. Karena kebiasaan ini cenderung membeli produk sesuai keinginan bukan berdasar kebutuhan, maka hal tersebut dapat mengakibatkan pemborosan sehingga mengancam kesehatan finansial.

Baca juga: Tips Belanja Online yang Baik dan Aman!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *