Karakter dan Kepribadian! Apa Mereka Itu Sama?

oleh -43 views
karakter dan kepribadian

ZETIZEN RADAR CIREBON – Pernahkah kamu bertanya-tanya apa perbedaan antara karakter da kepribadian? Atau kamu mengira keduanya sama? Tidak salah kamu mengartikan karakter dan kepribadian merupakan hal yang sama-sama mempengaruhi seseorang dalam bersosialisasi.

Namun dalam hal lain, karakter dan kepribadian merupakan hal yang berbeda. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa membaca penjelasan di bawah berikut.

Perbedaan Karakter Dan Kepribadian

Sesungguhnya perbedaan karakter dan kepribadian merupakan 2 istilah yang serupa. Tetapi, beberapa ahli berusaha untuk memberikan penekanan yang berbeda mengenai istilah ini. Hasil kesimpulan dari berbagai sumber mengenai perbedaannya.

Karakter Adalah

Karakter merupakan kombinasi sifat-sifat dalam diri seseorang yang menjadikannya unik, berdasarkan apa yang ia sudah miliki sejak lahir (genetik) maupun apa yang ia pelajari dalam hidupnya (lingkungan). Jadi, karakter dapat juga di sebut sebagai learned behavior.

Baca juga: 5 Tipe Kepribadian Pemimpin dalam Dunia Bisnis

Kepribadian Adalah

Kombinasi sifat-sifat dalam diri seseorang yang mengarahkannya untuk berpikir, berperasaan, dan bertingkah laku tertentu yang khas dalam berhubungan dengan lingkungannya.

Kepribadian berasal dari kata Persona, yang berarti ‘topeng’. Namun bukan berarti bahwa kepribadian merupakan cara seseorang menutupi identitas diri nya.

Karakter terkait erat dengan nilai-nilai moral dan etika. Ini berfokus pada sifat-sifat yang unik bagi seseorang. Karakter dan kepribadian sering di anggap sinonim.

Karakter sering di anggap sebagai diri yang sejati, yang berarti bahwa ia mewakili atribut-atribut yang mengakar dalam yang dimiliki oleh seseorang.

Seseorang tidak dapat menyamarkan nilai-nilai moral dan etika dari dirinya sendiri, dan dengan demikian ini adalah fitur terdekat yang dimiliki oleh siapa pun. Karakter bekerja dengan bantuan pikiran dan perasaan.

Baca juga: Dark Triad Personality! Mengenal Jenis Kepribadian

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.