Paradoks Salomo! Bijak Selesaikan Masalah Orang Lain

oleh -182 views
paradoks salomo

ZETIZEN RADAR CIREBON – Pasti kamu pernah merasa sangat bisa mengatasi masalah orang lain, padahal punya kita sendiri belum terselesaikan. Seketika merasa bijak saat berhadapan dengan punyanya orang lain. Dalam ilmu psikologi istilah tersebut adalah paradoks salomo.

Paradoks Salomo adalah istilah kecenderungan individu untuk mampu berpikir lebih bijaksana saat melihat masalah yang di hadapi orang lain daripada masalah yang ia di hadapi. Istilah ini pertama kali di sebutkan oleh Igor Grossman, seorang ilmuwan psikologi University of Waterloo.

Seperti yang telah di ketahui, Raja Salomo merupakan raja ketiga bangsa Israel yang sangat dikenal dengan kebijaksanaannya dalam memberikan nasihat bagi orang lain. Namun, ia kemudian membuat kerajaannya hancur karena kegagalannya dalam mengatur kehidupannya sendiri.

Tentang Kebijaksanaan Paradoks Salomo

Grossmann mendefinisikan kebijaksanaan sebagai penalaran pragmatis yang membantu orang mengatasi tantangan hidup. Penalaran yang bijaksana seperti itu membutuhkan penalaran yang melampaui sudut pandang egosentris seseorang.

Seperti mengetahui keterbatasan pengetahuan sendiri, mempertimbangkan  perspektif orang lain, dan melihat kemungkinan dan perubahan.

Baca juga: Istilah untuk Perasaan yang Sulit Dijelaskan Part 2

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.