Psikologi Kepribadian! Ketahui Pentingnya Karakter

oleh -58 views
psikologi kepribadian

ZETIZEN RADAR CIREBON – Bagi kamu yagn tertarik dengan psikologi dan ingin mendalaminya pasti tau kalau psikologi itu mempunyai cabang ilmunya. Salah satunya adalah psikologi kepribadian.

Psikologi kepribadian adalah cabang ilmu psikologi yang mempelajari pribadi individu sebagai makhluk unik sekaligus memiliki kesamaan pola dengan perilaku orang lain. Untuk lebih lengkapnya bisa kunjungi situs sehatq.

Aliran psikologi kepribadian

Psikologi kepribadian lahir dari berbagai teori tentang kepribadian manusia itu sendiri. Salah satu teori awal di kemukakan oleh Gordon Allport, yang menyatakan bahwa kepribadian manusia dapat dibagi ke dalam 3 kelompok sifat, yakni common, central, dan cardinal.

Kelompok sifat common bisa di lihat pada masyarakat dengan kebudayaan yang sama. Selanjutnya, central adalah kelompok sifat yang membentuk kepribadian seseorang. Sementara itu, cardinal adalah kelompok sifat mendominasi pada seseorang, yang akhirnya di kenal sebagai karakteristiknya.

Dalam perkembangannya, banyak teori lain yang bermunculan sehingga psikologi kepribadian manusia sendiri melahirkan beberapa aliran, yaitu:

Baca juga: Istilah Psikologi untuk Perasaan yang Sulit Dijelaskan

1. Psikoanalisis

Aliran ini menaruh perhatian pada pengaruh di luar kesadaran, terutama dorongan seksual. Para ahli percaya bahwa dorongan seksual bisa menjadi motivasi seseorang dalam berbagai bidang, termasuk bidang non-seksual.

2. Neo-analisis (ego)

Aliran psikologi kepribadian ini menekankan pada upaya untuk mengatasi emosi dan dorongan dari dalam diri maupun tuntutan orang lain.

2. Biologis

Aliran ini menitikberatkan pada kecenderungan dan keterbatasan yang berasal dari warisan genetis.

3. Behaviorisme

Landasan analisis yang lebih ilmiah ini fokus pada pengalaman yang membentuk kepribadian seseorang.

4. Kognitif

Aliran ini melihat sifat aktif dari pikiran manusia.

Baca juga: Cyberpsikologi! Pahami Lebih Lanjut Tentangnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.