Self Serving Bias! “Ini Bukan Salahku tapi Salah Mereka”

oleh -71 views
Self serving bias

1.      Membuat diri sendiri tidak berkembang

Kalau kita terlalu fokus mengevaluasi faktor eksternal, kita tidak bisa memperbaiki diri sendiri. Kegagalan yang terjadi malah tidak membuat kita belajar. Akibatnya, kita bisa mengalami hal yang serupa atau malah lebih parah di kemudian hari.

2.      Merasa diri sendiri adalah yang terbaik

Terjebak dalam anggapan bahwa diri kita adalah yang terbaik bisa membuat kita terlena. Alhasil, kita merasa bisa menguasai banyak hal, padahal mungkin ada orang lain yang jauh lebih kompeten daripada kita.

Karena tidak mengevaluasi hasil secara menyeluruh, kita jadi tidak bisa belajar dari kegagalan. Di kemudian hari, kita jadi kaget kalau menemukan kejadian serupa.

3.      Merusak hubungan

Orang yang sering melakukan self serving bias juga cenderung terlihat sombong. Tentunya orang juga akan merasa risih dengan orang yang sombong. Apalagi, kalau terlalu sering di salahkan karena kegagalan mereka.

Terlalu sering melempar kesalahan membuat kita cenderung suka mengkambinghitamkan orang lain. Hal ini bisa membuat hubungan kita dengan orang lain renggang karena perbedaan pendapat.

Baca juga: Facial Feedback Effect! Tersenyumlah untuk Bahagia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.