Stres Akademik! Pengertian, Faktor, dan Tips

oleh -80 views
stres akademik

ZETIZEN RADAR CIREBON – Bagi seorang pelajar atau mahasiswa, prioritas dalam hidupnya adalah belajar dan mendapatkan hasil dari pembelajaran tersebut. Tapi apabila di bawa terlalu serius, kamu malah akan terkena stres akademik.

Pengertian Stres Akademik

Stres akademik adalah kondisi ketika siswa memberikan reaksi dalam bentuk perilaku atau emosi yang bersifat negatif yang muncul akibat adanya tuntutan akademik atau segala sesuatu yang berhubungan dengan kegiatan belajar mengajar.

Stres akademik biasanya disebabkan karena penilaian seseorang tentang keberhasilan dirinya dalam bidang akademik, atau kekhawatiran akan hasil yang akan ia peroleh, terutama kemungkinan untuk gagal secara akademik.

Bagi siswa yang mengalami stres perlu adanya pendampingan dan pelayanan bimbingan atau konseling. Oleh karena itu, selain orang tua, peran guru bimbingan konseling sangat penting.

Stres akademik pada dasarnya tidak mungkin di hindari. Malah, pada derajat sangat ringan dan ringan bisa menjadi motivasi untuk lebih giat dalam belajar dan mencapai target yang ditetapkan. Sebaliknya.

Baca juga: Macet saat Mudik Buat Kamu Stres? Ini Tips Buatmu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.