Aprikot, Buah Berwarna Jingga Yang Tak Perlu Diragukan Lagi Manfaatnya

oleh -196 views
Apricot dengan warna yang cerah seperti buah jeruk

ZETIZEN RADAR CIREBON – Aprikot atau Abrikos adalah buah berbiji berbentuk lonjong. Buah ini memiliki rasa campuran manis dan asam. Warna kulit buah ini dapat bervariasi dari kuning hingga oranye. (tezz)

Kebanyakan orang mengangap nuah ini mirip dengan buah Plum. Tapi kenyataan buah ini bukan dari keluarga Plum. Dan tahukah kalian sobat Zetizen jika buah oranye ini memiliki manfaat yang tidak bisa diragukan lagi bagi kesehatan. Yuk, simak pembahasanya.

Klasifikasi Buah Aprikot

Dengan nama latin Prunus armeica ini bukan tumbuhan buah yang asli milik Indonesia tetapi dibawa dari daerah Asia Selatan seperti Cina, Jepang dan Korea. Karena sejatinya dari negara-negara tersebut tumbuhan apricot tumbuh dengan subur.

Pohon buah ini juga dapet sebagai tanaman hias selama mereka diperbanyak dengan steak dan cangkok. Pasalnya, saat tanaman ini sudah berbuah, bukan hanya bentuk buahnya yang besar, tetapi warna buahnya juga cantik.

Aprikot Secara Morfologi

Memiliki akar lurus yang menonjol hanya beberapa inci ke tanah. Sementara itu, beberapa akar penopang yang lunak dan berumbai menggantung di depan batang.

Seperti jenis tanaman lainnya, akar tanaman aprikot berwarna coklat kotor, seperti warna bumi. Warna akar tidak berubah apakah tanaman itu muda atau tua. memiliki batang tegak lurus dengan ukuran tidak terlalu tinggi.

Daunnya berbentuk lonjong atau lonjong. Daunnya berwarna hijau muda untuk berkecambah, tetapi berubah menjadi hijau tua saat tanaman matang.

Baca juga : Wasabi, Kubis Jepang Yang Bermanfaat Bagi Tubuh

Manfaat Buah Aprikot

Baik untuk usus

Serat yang terkandung dalam buah yang satu ini merupakan salah satu nutrisi yang berperan penting dalam kesehatan usus. Seratnya memastikan usus menyerap nutrisi lebih baik  dan  bakteri baik di  usus tumbuh. Serat makanan dalam buah dan sayur juga dapat membantu mengatasi dan mencegah sembelit.

Menjaga kesehatan kulit dari paparan sinar UV

Vitamin C  dalam  aprikot melindungi Anda dari bahaya paparan sinar matahari yang berlebihan dan mengurangi efek radikal bebas yang dapat merusak kulit Anda. Namun, sebelum memakannya, Anda harus mencucinya hingga  bersih. Jika tidak, bakteri yang mungkin  tertinggal pada buah dapat menyerang tubuh dan menyebabkan infeksi.

Menjaga Kolesterol

Aprikot kaya serat dan antioksidan dan membantu mencegah  pengerasan dan penyumbatan plak  pembuluh darah. Efek ini juga dibantu oleh manfaat buah aprikot yang dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Kandungan potasium yang  tinggi dari aprikot juga membantu mencegah tekanan darah tinggi.

Baik untuk kesehatan mata

Kandungan vitamin A  dalam buah aprikot relatif tinggi,  sekitar 95 mikrogram per 100 gram buah aprikot. Jumlah ini sudah mencakup hampir 20% kebutuhan vitamin A harian sobat zetizen.

Mencegah dari Dehidrasi

Buah aprikot mengandung banyak air, asupan cairan tubuh tetap perlu dipenuhi dengan minum air putih yang cukup, yaitu setidaknya 8 gelas sehari.

Sumber : alodokter.com & agrotek.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.