,

Archerfish, Si Ikan Penembak jitu

oleh -149 views
Archerfish sang ikan pemanah handal dalam mencari mangsa

ZETIZEN RADAR CIREBON – Panahan merupakan salah satu kegiatan manusia untuk berburu, sebagai senjata dan kemudian sebagai olahraga. Begitupun dengan si Archerfish, si ikan penembak jitu yang satu ini. (tezz)

Archerfish atau ikan pemanah adalah ikan yang dikenal karena “menembak”  mangsanya dengan semprotan air yang kuat. Ikan yang satu ini merupakan salah satu spesies yang terbilang unik. Tapi itu bukan satu-satunya kemampuan yang dia miliki untuk memburu mangsanya.

Beragam penyebutan Archerfish

Dengan nama ilmiah Toxotes jaculatrix dari genus Toxotes. Ikan yang satu ini sering di kenal Ikan Penyumpit, dan Ikan Penembak. Dan dalam bahasa Inggris dinamakan Banded archerfish, dan Bowfish.

Nama ilmiahnya mengacu pada dunia astrologi, yaitu bintang Sagitarius sang centaur pemanah, karena cara ikan yang satu ini tidak biasa  menangkap mangsanya.

Persebaran Ikan satu ini

Ikan yang satu ini tersebar di perairan Asia dan Oceania, yaitu dari India ke timur sampai Philipina, dan keselatan sampai Indonesia, Vanuatu, Kepulauan Solomon, Papua Nugini dan bagian utara Australia.

Di Indonesia ikan ini banyak ditemukan di pulau Sumatera dan Jawa (Ujung Kulon). Umumnya hidup di muara sungai dan hutan bakau. Namun selama hidupnya mereka mampu beradaptasi dan hidup di tiga lngkungan perairan, yaitu air laut, air payau, dan air tawar.

Baca juga : Fakta Unik Quokka Sang Hewan Paling Bahagia di Dunia

Archerfish Secara Morfologi

Ikan ini  umumnya hanya akan mencapai ukuran panjang sekitar 6 inci (15 cm) di akuarium, namun dia bisa berukuran dua kali lipat di alam liar. Mereka biasanya berwarna perak atau putih cerah dengan 5-6 lajur vertikal hitam.

Ikan muda memiliki bercak warna kuning yang tidak teratur pada tubuh bagian atas yang mungkin membantu mereka untuk berenang bergerombol bersama di perairan berlumpur.

Setelah lebih dewasa, bercak menghilang dan lajur hitam semakin pendek, dan akhirnya hanya terlihat di bagian paling atas dari tubuh. Tubuhnya pipih dan agak memanjang, dengan kepala runcing.

Mekanisme Archerfish dalam menembak mangsanya

Archerfish terkenal dengan kemampuannya “menembak jatuh” mangsanya  berupa serangga dan makhluk kecil yang hinggap di daun atau akar bakau. Tubuhnya yang ramping memberikan profil yang sempit dari atas, memungkinkannya untuk mengintai mangsanya. Tanda hitam-putih tebal menyamarkan mereka di bawah air, bersembunyi di bawah vegetasi manggrove.

Ikan ini mempunyai mekanisme seperti pistol dari bawah air, yang memiliki kemampuan menyemprotkan air yang kuat dan akurat. Dengan lidahnya yang menekan alur di langit-langit mulut, dan memaksa air keluar dengan kuat seperti “jet” melalui gerakan menutup insangnya, sehingga air terdorong melesat ke arah mangsanya.

Sumber : Kompasiana & Wikipedia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.