Buah Kecapi, Manggis Liar Yang Kaya Manfaat

oleh -128 views
Buah Kecapi disebut Manggis Liar

ZETIZEN RADAR CIREBON – Buah Kecapi atau sering di kenal dengan Sentul, Ketual atau masyarakat kita memanggilnya Manggis Liar ini ialah buah yang memiliki serat dan memiliki rasa asam manis seperti memakan Jeruk. Namun penampilan luar buah ini memang mirip dengan Manggis. Dan sobat zetizen tahukah, jika buah yang satu ini memiliki manfaat yang bagus bagi tubuh kita? Ingin tahu leih lanjut, yuk simak pembahasannya.(tezz)

Memiliki nama latin Sandorucim Koetjape ini memiliki persebaran tumbuh di negara Indocina dan Semenanjung Malaya seperti, India, Indonesia (Borneo, Tapanuli, Maluku), Mauritus, dan Fillipina. Karena Teksturnya yang memiliki serat dan tidak mudah hancur, buah yang satu ini sering di olah menjadi Manisa, Asinan, atau sebagai bahan tambahan untuk membuat rujak.

Buah Kecapi Secara Morfologi

Ada dua jenis buah kecapi yang umum, yakni merah dan kuning. Jenis kecapi yang lebih umum dikonsumsi yaitu kecapi merah. Di dalam kulit berwarna merah tersebut, terdapat daging buah bertekstur halus yang terasa manis dan asam.

Buah kecapi sendiri berbentuk bulat agak gepeng, berwarna kuning dan ketika masak berwarna merah. Bagian luarnya sedikit mirip dengan beludru. Bagian dalam buah, yakni daging buah, cukup tebal dan menyatu dengan kulit. Warna daging buah ini kemerahan dan memiliki rasa agak asam.

Manfaat Kecapi

Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Meski jumlahnya tidak banyak, Kecapi juga mengandung kalsium dan fosfor yang penting untuk kesehatan tulang dan gigi. Penyerapan kalsium dan fosfor dapat menjaga kepadatan tulang sehingga sobat terhindar dari risiko osteoporosis. Rasa asam dari kecapi juga merangsang produksi air liur, sehingga mengurangi jumlah bakteri  di  mulut. Hal ini dapat mengurangi risiko kerusakan gigi yang disebabkan oleh bakteri yang menggerogoti email gigi.

Menurunkan Kolesterol Jahat

Buah kecapi mengandung serat yang disebut pektin. Pektin merupakan serat larut air yang ditemukan pada sayur dan buah-buahan. Di dalam usus Anda, serat ini akan berikatan dengan low-density lipoprotein (LDL) dan mencegahnya terbawa oleh darah.

Sebagai Immune

Khasiat lainnya yang dapat sobat peroleh dari buah kecapi adalah tubuh yang tangguh melawan serangan penyakit. Ini karena buah kecapi mengandung quercetin, suatu zat antioksidan yang membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Baca Juga : Meniran, Tanaman Yang Terabaikan Ternyata Ada Manfaatnya

Buah berkulit tebal ini sangat kaya akan vitamin C. Bersama quercetin, keduanya membantu melindungi tubuh, meningkatkan stamina, serta memperbaiki sel tubuh yang rusak sehingga tidak mudah rentan terkena penyakit.

Baik Bagi Penderita Kencing Manis

Buah yang satu ini baik untuk penderita diabetes. Pasalnya, buah ini memiliki indeks glikemik rendah. For your infornation nih sobat, makanan berindeks glikemik rendah tidak akan meningkatkan gula darah dengan cepat.

Sebagai Anti Kanker

Kecapi mengandung banyak sekali antioksidan yang berasa dari zat Polifenol. Antioksidan inilah yang mampu menangkal radikal bebas dan kerusakan yang di timbulkannya pada sel-sel tubuh. Ini sebabnya buah kecapi di anggap mungkin untuk mencegah kanker.

Sumber : hellosehat.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.