,

Bunga Telang, Bunga Berwarna Biru Segudang Manfaat!

oleh -78 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Bunga Telang atau bahasa inggrisnya yaitu Butterfly Pea merupakan tumbuhan merambat yang biasa di temukan di pekarangan atau tepi hutan. Tumbuhan anggota suku polong-polongan ini berasal dari Asia tropis, tetapi sekarang sudah menyebar ke seluruh daerah tropika. Dan tahukah kamu bunga yang memiliki warna biru yang cantik ini, ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. Yuk sobat zetizen, simak penjelasaan mengenai si bunga biru yang satu ini. (Tezz)

Bunga Telang Secara Morfologi

Dengan nama latin Clitoria ternatea ini memiliki penampilan yang sangat menarik dengan warna biru keunguan, kelopak berbentuk corong, serta mahkota berbentuk kupu-kupu. Bunga ini merupakan tanaman monokotil dan memiliki tiga warna bunga yang berbeda, biru, putih dan coklat.

Ada beberapa bagian  akar dandelion antara lain leher akar, rimpang atau akar utama, ujung akar, dan serabut akar. Bentuk ginjal yang kemudian akan berwarna hijau saat  muda dan  hitam saat  tua merupakan ciri khas dari biji kacang polong. Mampu beradaptasi dengan segala jenis tanah, dari tanah berpasir hingga tanah liat dan tanah berkapur. Dan usia tumbuhan merambat ini bisa sampai 20 tahun.

Sebagai Antioksidan bagi tubuh

Antioksidan dalam tanaman ini dapat melindungi sel-sel sehat  dalam tubuh. Untuk mendapatkannya, cukup meminum sari ekstrak Butterfly pea. Dari penelitian di International Journal of Medicine and Pharmaceutical Science, para ilmuwan menyimpulkan bahwa sumber antioksidan dalam bunga berbentuk kupu-kupu ini menghasilkan ekstrak metanol dalam bunga tersebut.

Sebagai Obat Peradangan

Sekitar 51-52 %, bunga telang mengandung asam oleat. Asam oleat ini sendiri merupakan asam lemak yang biasa di temukan pada minyak zaitun. Manfaatnya sudah tidak bisa diragukan lagi, yaitu mengurangi peradangan dan mengurangi risiko kanker pada seseorang.

Mengurangi Gejala Depresi

Bagi kamu yang sering mengalami Stres. Di dalam bunga telang terkandung asam palmitat, yaitu senyawa yang mirip dengan asam linolenat. Asam linoleat sendiri adalah asam lemak omega-3 esensial, yang bisa mengontrol kadar kolesterol dalam darah. Manfaatnya melindungi sistem saraf pusat dari kerusakan. Nah, asam palmitat tersebut memiliki sifat antioksidan yang berperan sebagai antidepresan alami, sehingga baik untuk sobat zetizen yang stres dan banyak pikiran.

Bunga Telang Sebagai Obat Asma

Ekstrak biji bunga telang mengandung flavonoid glikosida. Sedangkan ekstrak tumbuhannya mengandung senyawa fenolik. Baik diminum maupun dioles, bunga telang dapat mempercepat proses penyembuhan luka. Ekstrak dari bunga telang dipercaya dapat meringankan gejala asma dan bronkitis. Kemampuannya tersebut di dapatkan dari sifat antioksidan dan antiasthmatic yang di simpan. Sehingga mmapu untuk mengobati Asma meski dengan dosis yang kecil.

Sumber : Halodoc.com & Wikipedia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.